BANDUNG (Pos Kota) – Menjelang Ramadhan harga sayuran terus meroket. Sabtu (28/5) terpantau harga jengkol tembus Rp 60 ribu perkilogram. Dalam sepekan tiga kali naik, jengkol Rp60 Ribu/kg. Ini  menyalip bawang ptih dan cabai tanjung yang berada di peringkat dua dan tiga.

Harga jengkol menduduki angka Rp 60 ribu dari semula Rp 40 ribu perkilogram dalam sepekan ini. Jengkol mengalami tiga kali kenaikan menjelang Ramadhan. Menyusul di bawahnya yang naik duluan, harga bawang putih menghadapi Ramadhan kini bertengker di angka Rp 40 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 20 ribu perkilogram.

Sedangkan  harga cabai tanjung menempati urutan ketiga Rp 35 ribu perkilogram dari Rp 15 ribu perkilogram. “ Ketiga jenis sayuran itu merangkak naik 3 kali dalam sepekan ini,“ kata Ade,45, seorang pedagang di pasar tradisional Ciwastra, Kota Bandung, Sabtu. (28/5).

Advertisements

Ade melanjutkan, semua pedagang di pasar di Kota Bandung termasuk pembeli kaget atas harga jengkol yang tinggi dan mengulang sejarag tahun lalu. “ Harga jengkol tahun lalu tembus Rp 70 ribu. Tahun ini sudah mulai masulk angka Rp 60 ribu perkilogram. Spekataluler jengkol ini,“ ujarnya.

Pedagang lain Maman,40, di pasar Tradisional Bonongjati, mengakui harga jengkol dalam sepekan mengalami tiga kali kenaikan, dan kini berada di puncak harga tertinggi dalam kategori sayuran.

Pemicunya, lanjut dia belum jelas lantaran harga itu tiba tiba naik drastis. “ Dugaan bisa saja karena jengkol termasuk barang langka saat ini,“ tandasnya.

Hanya, yang membuat heran para pedagang, harga jengkol menjelang Ramadghan ini lari begitu cepat dan mampu menyalip harga cabai tanjung dan bawang putih yang harganya pantatis. “ Meski bau, harga tidaklah bau, bahkan menjadi buah bibir,“ ujarnya. (Dono/win)

Advertisements