Buah rambutan, jika berbicara tentang buah yang satu ini tentunya buah ini sudah sangat familliar dan sangat dikenal dimasyarakat. Buah yang sangat mudah dalam menanam dan memproduksinya ini menjadi buah terfavorit bagi para penikmatnya. Buah ini dikenal dengan buah yang berambut, ya memang buah ini kulitnya seperti ada rambut rambutnya tapi bukan rambut manusia.

Biasanya orang mengkonsumsi buah ini hanya buah bagian daging buahnya saja lalu kulitnya dibuang begitu saja. Namun apakah anda tahu bahwa bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat namun kulit dari rambutan itu sendiri mempunyai manfaat ? jadi kulit rambutan yang selama ini selalu dibuang begitu saja mempunyai manfaat ? benar kulit rambutan yang dianggap sampah ternyata mempunyai manfaat.

Manfaat apa saja yang ada pada kulit rambutan ?

1. Dapat menurunkan kolesterol

Memang benar manfaat kulit rambutan dapat menurunkan kolestrol, karena kulit rambutan terasa pahit dan sepat. Karena kita tahu bahwa kolesterol akan turun kadarnya jika kita mengkonsumsi makanan atau buah buahan yang terasa pahit, sepat dan juga asam. Selain kulit rambutan ada juga buah belimbing yang memang sudah sangat familliar untuk menurunkan kadar kolesetrol. Tidak ada salahnya mengkonsumsi kulit rambutan jika tidak ada buah belimbing. Begitu pun sebaliknya. Cara mengkonsumsinya ?

  • Siapkan 5 – 10 kulit rambutan yang sudah bersih dari getah dan kotoran
  • Potongkan kulit rambutan menjadi 2 bagian agar tidak terlalu besar
  • Panaskan air 100 ml
  • Jika air sudah panas dan mendidh masukan potongan rambutan tadi kedalam air yang mendidih
  • Tunggu hingga 5 – 7 menit
  • Setelah itu saring dengan hanya mengkonsumsi airnya saja
  • Lalukan kegiatan ini secara rutin dan terjadwal

2. Mencegah penuaan dini

Semua orang pasti akan tua. Dan akan banyak masalah yang akan terjadi jika sudah terjadi penuaan dini mulai dari badan yang terasa lemas, rambut yang sudah tidak hitam lagi, kulit yang tidak sekecencang dulu. Namun jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi kulit daru buah rambutan tentunya itu semua akan teratasi. untuk cara mengkonsumsinya sama seperti cara diatas.

3. Mengatasi diare

Penyakit diare sebenarnya disebabkan oleh pola makan diri kita sendiri yang mungkin jorok atau juga tidak bergizi. Diare tentunya akan sangat menggangu seseorang ketika beraktivitas. Biasanya orang langsung mengkonsumsi obat warung ketika diare namun kali ini tidak ada salahnya mengkonsumsi kulit buah rambutan. Namun untuk cara mengonkunsumsinya sedikit berbeda dan mungkin akan terasa pahit :

  • Siapkan 5 – 10 kulit rambutan yang sudah bersih dari getah dan kotoran
  • Potongkan kulit rambutan menjadi 2 bagian agar tidak terlalu besar
  • Siapkan blender yang sudah dicuci bersih
  • Masukan kulit rambutan – rambutan yang sudah dipotong 2 itu kedalam blender, masukan air sedikit saja agar tidak kesat nantinya ketika diblender
  • Jika tidak ingin terasa pahit bisa tambahkan susu murni atau madu
  • Jika semua bahan sudah tercampur semuanya nyalakan blender dan tunggu hingga 5 – 10 menit
  • Lalukan kegiatan ini secara rutin dan terjadwal

4. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker yang kita tahu adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Penyakit ini ada yang bisa sembuhkan dan juga ada yang tidak dan bahkan penyakit ini bisa menular. Penyakit kanker ada banyak mulai dari kanker pada jantung, paru – paru, otak dan bahkan bibir. Namun dibalik penyakit kanker itu semua pasti ada obatnya. Tidak ada salahnya kita mencoba kulit rambutan sebagai obat penyembuhannya. Karena dalam kulit rambutan terkandung flavonoida yang berfungsi untuk membantu tubuh Anda dalam menangkal risiko penyakit kanker.

5. Mengobati demam

Demam biasanya menyerang para anak yang masih kecil tidak menutup kemungkinan orang yang sudah dewasa juga dapat terkena penyakit demam. Penyakit ini bisa terjadi karena lingkungan dan juga aktivitas. Biasanya karena lingkungan yang kotor dapat membuat demam berdarah dan juga karena aktivitas yang terlalu sibuk dapat membuat demam karena terlalu kecapean dalam aktivitas. Dengan manfaat kulit rambutan bisa membuat demam anda turun. Percaya atau tidak buktikan saja sendiri.

6. Mencegah dan mengatasi kebotakan

Kebotakan pada rambut biasanya karena faktor usia dan faktor genetik. Karena kebanyakan orang yang rambutnya mulai merontok dan mengalami kebotakan yaitu para usia lanjut. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak muda juga bisa terkena kebotakan pada rambut dan tentunya ini akan membuat kurang percaya diri. Untuk mengatasi kebotakan ini sebenarnya sangat mudah dan banyak cara nya mulai dari membeli obat rambut, minyak rambut dan lain – lain. Namun pada artikel kali ini sangat menganjurkan dengan mengkonsumsi kulit rambutan. Bagaimana cara penggunaanya ?

  • Siapkan 5 – 10 kulit rambutan yang bersih dari getah dan kotoran karena nantinya akan digosokan ke bagian atas kepala kita.
  • Siapkan minyak zaitun agar nantinya mempermudah atau memperlicin dalam menggosokan kekepala
  • Oleskan minyak zaitun kekepala kita sambil menggosok – gosokan kulit rambutan yang sudah siapkan tadi
  • Lakukan dengan pijat terarah hingga semua bagian atas kepala terkena gosokannya.
  • Lakukan kegiatan diatas secara rutin dan terjadwal agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Mengapa digosokan karena dengan digosok kebagian kepala atas tentunya membuat aliran darah akan lancar dan tentunya ini akan merangsang pertumbuhan rambu. Dan kegiatan diatas juga dapat tidak hanya menumbuhkan rumbut melainkan mempersubur rambut.

7. Untuk mengobati sariawan

Sariawan biasanya disangkut pautkan dengan orang yang stress atau juga bisa karena kegigit pada saat makan. Sariawan tentunya akan sangat menggangu kegiatan makan seseorang. Banyak cara untuk dapat mengobati sariawan mulai dari menggunakan obat abotil, mengkonsumsi adem sari dan bahkan ada yang membiarkan sariawan begitu saja. Namun ada cara lain untuk menyembuhkan sariawan dengan kulit rambutan. Bagaiamana caranya ?

  • Siapkan 5 – 10 kulit rambutan yang sudah bersih dari getah dan kotoran
  • Potongkan kulit rambutan menjadi 2 bagian agar tidak terlalu besar
  • Panaskan air 100 ml
  • Jika air sudah panas dan mendidh masukan potongan rambutan tadi kedalam air yang mendidih
  • Tunggu hingga 5 – 7 menit dan diamkan hingga tidak terasa panas.
  • Setelah itu saring dengan hanya mengkonsumsi airnya saja
  • Kumur kumur pada mulut dan jangan ditelan.
  • Lalukan kegiatan ini secara rutin dan terjadwal lebih baik lagi jika sebelum tidur melakukan kegiatan ini agar cepat menyembuhkan sariawabnya.

Tags: Manfaat Kulit Rambutan Untuk Kesehatan, Manfaat Kulit Rambutan Untuk Mencegah dan mengatasi kebotakan, Manfaat Kulit Rambutan Untuk Mencegah penuaan dini, Manfaat Kulit Rambutan Untuk Mencegah penyakit kanker, Manfaat Kulit Rambutan Untuk Mengatasi diare, Manfaat Kulit Rambutan Untuk Mengobati demam, Manfaat Kulit Rambutan Untuk mengobati sariawan, Manfaat Kulit Rambutan Untuk menurunkan kolesterol
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Gusi bengkak memang sangat menyebalkan, rasa sakit yang terjadi karena gusi bengkak tidak dapat tertahankan, terkadang gusi yang bengkak menyebabkan pipi akan terlihat lebih gemuk dari pada biasanya. Selain itu, dengan gusi bengkak pula apapun menjadi tidak nyaman, terutama ketika ingin makan ataupun ketika akan berbicara, gusi bengkak memang sangat mengganggu bahkan itu sangat menyakitkan […]

Kemunting, Kaya Antioksidan Buahnya mempunyai biji kecil seperti jambu, tapi tidak terlalu mengandung air. Setelah bagian kepalanya dibuang, kemunting dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Buah kemunting juga dapat diolah menjadi dodol , selai, dan sirup. Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa), menurut Wikipedia, adalah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Myrtaceae. Tumbuhan ini asli tumbuhan Asia Selatan dan Asia […]

Manfaat Sayuran Hijau – Untuk mendukung tercukupnya kebutuhan nutrisi dan serat sehari-hari, seseorang harus mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Seringkali orang kurang memperhatikan apa saja nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau, dan hanya berpikir manfaat satu-satunya sayur adalah sebagai serat untuk melancarkan pencernaan. Padahal, sayuran hijau memiliki sejuta manfaat yang lebih dari itu. Contohnya […]

  Kandungan zat penting pada tumbuhan delima merah (Punica granatum) sangat berperan dalam menangkal sejumlah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, melawan penularan virus HIV dan sejumlah penyakit lainnya. Saat ini dalam berbagai jurnal kesehatan telah dipublikasikan manfaat tanaman delima merah, seperti dilansir oleh sejumlah media masa. Hasil peneltian para ahli menyimpulkan bahwa delima […]

Ratu rayap? Ternyata tidak hanya lebah saja yang memiliki ratu, tetapi rayap juga memilikinya. Dan bagaimanakah cara kita membedakan antara ratu rayap dengan rayap biasa? Tenang, sangat mudah sekali membedakan keduanya. Di dalam sebuah koloni rayap hanya terdapat satu ekor saja ratu. Adapun anggota koloni lainnya terdiri dari raja, nimfa, rayap pekerja, rayap prajurit, dan […]