JAKARTA (Pos Kota) – Pada H-7 ini, kenaikan harga kebutuhan pokok seperti bawang merah dan cabe terus merangsek naik. Angka itu pun diperkirakan akan terus melambung, hingga menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri.

Manajer Pasar Induk Kramat Jati, Nurman Adhi mengatakan, kenaikan harga yang terjadi pada kali ini terbilang cukup wajar. Pasalnya, kenaikan tersebut hanya berkisar Rp1000 sampai Rp2000 perkilogramnya. “Naiknya harga juga masih cukup stabil, pasalnya kenaikan masih dibawah harga pada awal puasa lalu,” katanya, Rabu (29/6/2016).

Menurutnya, untuk saat ini cabe merah keriting di pasar Induk Kramatjati seharga Rp18 ribu dari sebelumnya Rp17 ribu. Untuk cabe rawit merah, harganya masih dalam kisaran Rp21 ribu dari sebelumnya Rp19 ribu. “Dalam setiap pekannya, kenaikan harganya masih cukup normal. Naiknya juga tak terlalu berpengaruh ke warga,” tutur Nurman Adhi.

Advertisements

Sementara untuk bawang merah sendiri, saat ini harganya mencapai Rp27 ribu perkilogramnya. Harga itu naik Rp2000 dari sebelumnya Rp25 ribu. “Untuk pasokan yang ada di Pasar Induk Kramatjati pun dinilai cukup, pasalnya, dalam satu hari akan masuk sekitar 72 ton cabe dan bawang merah sebanyak 80 ton,” papar Nurman.

Nurman juga menyebut, kenaikan yang terjadi kali ini masih sangat jauh dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, pada tahun lalu, harga cabe dan bawang merah harganya mencapai diatas Rp50 ribu. “Bahkan tahun lalu, harga cabe merah mencapai Rp80 ribu. Mungkin karena tengah panen makanya pasokan melimpah,” ungkapnya. (Ifand)

Advertisements