JAKARTA (Pos Kota)- Mendekati Lebaran harga kebutuhan pokok makin meroket. Utamanya jenis makanan yang banyak dibutuhkan warga untuk menu sajian Lebaran. Seperti daging sapi, daging ayam, telur ayam negeri dan lainnya.

Petai menjadi salah satu jenis sayuran yang harganya melejit. Pemantauan di pasar tradisional Mampang Prapatan Jaksel, harga petai sudah mencapai Rp 20 ribu per papan.

“Itu juga petai masih muda, tapi harganya luar biasa mahal, melebihi daging sapi,” keluh Ny Yanti, warga, Sabtu (2/7/2016).

Advertisements

Padahal pada hari biasa, harga petai paling mahal Rp5 ribu per papan. Atau Rp10 ribu per 3 papan untuk petai kualitas sedang.

Meski mahal, warga tidak bisa menghindar dari petai. Mereka merasa kurang afdol jika membuat sayur godok khas Betawi tidak menggunakan campuran petai.

Selain petai, harga cabai juga mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Hingga kemarin harga cabai merah keriting terpantau Rp35 ribu/kg dari sebelumnya Rp33 ribu/kg. Lalu cabe rawit merah Rp38 ribu/kg dari sebelumnya Rp37 ribu/kg, cabe rawit hijau Rp27 ribu/kg dan cabe merah besar Rp33 ribu/kg.

Bawang merah terpantau Rp42 ribu/kg, bawang putih Rp40 ribu/kg, kentang Rp20 ribu/kg dan tomat buah Rp 13 ribu/kg

Untuk harga daging sapi meski pemerintah telah membuka kran impor, tetapi harga komoditas peternakan tersebut masih mahal di pasaran. Harga daging sapi has (paha blakang) Rp130 ribu/kg dan daging sapi semur Rp 120 ribu/kg.

Harga-harga tersebut diperkirakan bakal terus naik sampai H-1 Lebaran. (inung)

Advertisements