JAKARTA (Pos Kota) – Kabar gembira bagi ibu rumah tangga, harga kebutuhan pokok seperti cabe dan bawang merah, mulai berangsur-angsur turun. Stok melimpah, lantaran setiap harinya masuk sekitar 90 ton ke Pasar Induk Kramatjati Jakarta Timur.

Manager Pasar Induk Kramatjati, Nurman Adhi mengatakan, penurunan harga itu sendiri terjadi sejak satu minggu belakangan ini. Dimana sebelumnya harga cabe merah yang mencapai Rp38 ribu perkilogram, kini hanya Rp24.500 perkilogramnya. “Kenaikan dan penurunannya memang fluktuatif , namun hingga akhir September ini, harga cabe berangsur-angsur mengalami penurunan,” katanya, Rabu (28/9).

Dikatakan Nurman, selain harga cabe, bawang merah juga turun yang saat ini senilai Rp22.700 perkilogram. Turunnya harga itu cukup drastis lantaran awal September kemarin harga bawang merah mencapai Rp30.500 perkilogramnya. “Perhitungan kami, harga bawang merah hingga akhir September ini mengalami penurunan mencapai 16 persen,” ujar Nurman.

Advertisements

Untuk pasokan barang, kata Nurman, pada pekan keempat ini, ada 98 ton cabe merah yang masuk ke pasar Induk Kramatjati. Sementara untuk bawang merah, mencapai 86 ton yang masuk guna memenuhi kebutuhan warga Jakarta. “Pasokan bawang dan cabe itu paling banyak di kirim dari Brebes, dan Cirebon yang setiap harinya mengirimkan barang-barang kebutuhan pokok itu,” ungkapnya.

Untuk buah-buahan, saat ini jeruk yang tengah melimpah di Pasar Induk Kramatjati. Pasalnya, setiap harinya, 350 ton jeruk masuk dari beberapa daerah . “Bahkan pada Rabu (21/9) lalu, jeruk yang masuk ke pasar Induk Kramatjati mencapai 426 ton,” ujar Nurman.

Untuk harga jeruk itu sendiri, kata manager pasar, dtabil di kisaran Rp18 ribu. “Karena melimpahnya barang dan stabilnya harga, makanya saat ini banyak penjual jeruk bertebaran dipinggir jalan,” ujar Nurman. (Ifand)

Advertisements