SUKABUMI (Pos Kota) – Cuaca buruk membuat harga cabai merah keriting di sejumlah pasar di Kabupaten Sukabumi, belakangan terakhir meroket. Kenaikan harga cabai merah di pasaran ini akibat pasokan minim.

Pemantauan di sejumlah pasar, Jumat (14/10/2016), mulai merangkak naik. Di Pasar Pelabuhan Ratu, dari sebelumnya Rp20 ribu menjadi Rp36 ribu per kilogram. Di Pasar Cibadak, semula Rp33 ribu menjadi Rp40 ribu dan di Pasar Cicurug dari sebelumnya Rp35 ribu menjadi Rp36 ribu.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Diskoprindagsar) Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlaela menuturkan, kenaikan harga komoditas cabai merah keriting karena pasokan berkurang akibat faktor cuaca. Termasuk, komoditas cabai merah biasa juga turut naik.

Advertisements

“Persediaan cabai masih aman. Memang harganya mengalami kenaikan karena dipengaruhi cuaca dan jarak tempuh. Biasanya yang lokasi pasarnya jauh dari tempat distribusi, secara otomatis harganya cenderung naik.” Jelas Ela.

Ibad Badriah, 37, pedagang sayuran membenarkan harga sayur-sayuran itu tergantung cuaca. Sebab, apabila datang musim hujan berimbas kepada hasil panen petani karena banyak yang gagal panen. (sule/win)

 

Advertisements