Tanaman buncis merupakan tanaman yang tak terlepas dari serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat menyerang tanaman apa saja termasuk tanaman buncis.

Advertisements

Pengendalian Hama dan penyakit ini lah yang menjadi penghalang bagi petani untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Hasil panen akan menjadi tidak bagus karena adanya serangan hama dan penyakit.

Advertisements

Apabila Anda seorang petani tanaman buncis, segera lakukan pengendalian apabila hama dan penyakit menyerang tanaman buncis. Akibatnya sangat fatal jika hama dan penyakit telat dikendalikan.

Apa yang akan terjadi apabila lambat dalam hal pengendalian hama dan penyakit? Yang akan terjadi adalah Anda akan mengalami gagal panen. Gagal panen dalam jumlah besar akan mengakibatkan kerugian yang besar pula.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Buncis

Ada begitu banyak jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman buncis. Beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Hama

Hama yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Lalat kacang

Lalat kacang juga dikenal dengan sebutan Agromyza phaeseoli. Lalat kacang ini menyerang pada bagian daun tanaman. Tanda-tanda awal adanya penyerangan adalah daun tanaman menjadi berlubang-lubang di segala titik.

Apabila penyerangan lalat kacang ini semakin parah, maka lalat kacang akan menyerang pada bagian batang tanaman. Yang akan terjadi apabila lalat kacang menyerang batang adalah batang menjadi bengkok

Lama kelamaan tanaman akan menjadi layu dan daunnya berubah warna menjadi kuning. Jika dibiarkan, tanaman buncis akan mati dalam keadaan masih muda.

Kutu daun

Serangan kutu daun ini sangat berbahaya. Mengapa berbahaya? Karena kutu daun ini mengisap cairan yang ada di dalam tanaman buncis. Apabila cairan tanaman telah dihisap, maka tanaman akan menjadi kerdil, daun menjadi keriting dan akan berwarna kuning.

Penyerangan yang sudah parah akan menyebabkan tanaman menjadi mati. Hama yang memiliki nama lain Aphis gossypii ini menyerang pada tanaman yang masih muda. Namun tidak jarang pula ditemukan menyerang pada tanaman yang sudah dewasa atau yang masih bibit.

Penyakit

Penyakit yang sering menyerang tanaman buncis diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyakit karat

Penyakit karat ini disebabkan oleh cendawan Uromyces appendiculatus. Apabila penyakit karat telah menyerang tanaman buncis, tanda-tandanya adalah pada bagian daun atas dan bawah tanaman terdapat bintik-bintik cokelat.

Lama kelamaan jika tidak segera ditangani penyakit ini akan menyebabkan tanaman menjadi mati.

Penyakit busuk lunak

Penyakit busuk lunak disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda apabila penyakit busuk lunak menyerang tanaman buncis adalah timbulnya bercak cokelat disertai dengan air pada bagian daun.

Penyakit busuk lunak cepat dalam penyebarannya. Apabila dibiarkan, maka semua bagian tanaman menjadi lunak dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Hama dan penyakit dapat kendalikan dengan cara menyemprotkan cairan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan. Untuk mencegah adanya hama dan penyakit, sebaiknya rendam benih buncis di dalam larutan fungisida selama setengah jam.

loading…

>

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements