JAKARTA (Pos Kota)-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberi penghargaan kepada sejumlah Dandim, Danrem, serta Babinsa berprestasi. Mereka dinilai telah berjasa membantu dalam melakukan pendampingan kepada petani dalam rangka memperkuat program ketahanan pangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI atas pendampingannya kepada petani selama ini,” kata Amran didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Mulyono saat mengumpulkan para Dandim serta Danrem yang ada di Indonesia, di Secapa AD, Bandung.

Menurut Mentan, tingkat produksi komoditas pangan tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini berkat pendampingan para anggota TNI terhadap petani dalam meningkatkan produksi padi, jagung, cabai dan bawang.

Advertisements

Atas langkah yang telah dilakukan TNI tersebut Amran sangat mengapresiasinya. Ini menunjukan bahwa peran TNI terhadap peningatan produksi di bidang pertanian berjalan cukup efektif.

“Efektivitas Kerjasama Kementerian Pertanian dengan TNI dalam mendukung Program Ketahanan Pangan patut kita apresiasi” kata Mentan usai memberikan penghargaan pada Danrem dan Dandim serta Babinsa berprestasi dalam membantu meningkatkan produksi pangan yang dikaitkan dengan Program UPSUS padi jagung kedele (Pajale). Karena itu Amran berharap kerjasama sinergis ini bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Amran mengakui sempat ada pihak yang merasa khawatir terhadap langkahnya melibatkan TNI diluar tugas pertanan. Namun dia menjamin bahwa langkah yang ditempuhnya merupakan kegiatan positif dan dapat memperkuat ketahanan negara terutama dibidang pangan.

Sementara itu Kasad Jenderal Mulyono mengakui, bahwa situasi kondisi keamanan negara saat ini tengah memanas. Kendati demikian TNI sendiri tetap mendapat apresiasi dari masyarakat atau institusi lain terhadap kegiatan yang dilakukannya.

“Jika untuk kebaikan bangsa dan negara maka kegiatan positif apapun akan kami dukung!” tambah Kasad.

(faisal/sir)

Advertisements