A d v e r t i s e m e n t

Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam. Setelah pada artikel sebelumnya saya menceritakan pengalaman proses menanam bibit karet, pada kesempatan ini tepatnya setelah satu bulan penanaman saya melakukan perawatan yang pertama kalinya. Mengingat proses penanaman yang sangat cepat dan kondisi lahan sejak penanaman sudah saya perkirakan, bahwa setelah satu bulan penanaman langkah yang harus saya lakukan adalah proses pembersihan lahan di sekitar batang pohon karet minimal radius 1 meter mengelilingi pohon karet. Bukan hanya membersihkan di sekitar batang pohon karet saja, tetapi wajib membabat habis semua jenis semak belukar minimal rata dengan tanah. Saya hanya mempunyai waktu dua hari harus selesai, saya harus mencari minimal 5 pekerja setiap harinya dengan peralatan parang atau golok dan cangkul. Adapun tugas 3 orang pekerja membersihkan sekitar pohon karet dengan menggunakan cangkul, sekali berjalan mereka membersihkan 3 barisan pohon karet. Kemudian tugas 2 orang lainnya bekerja menggunakan golok atau parang membersihkan semak belukar di setiap gang barisan pohon karet.

Perjalanan hari pertama Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam.

Advertisements

Pada pagi yang cukup cerah saya mengajak ketiga saudaraku semuanya adalah adik dengan mengendarai sepeda motor, saya menggunakan motor bebek suzuki smash dan adikku mengendarai motor bebek honda kharisma, jika hujan turun bisa dipastikan kedua  kendaraan tersebut tidak dapat digunakan. Perjalanan hari pertama sungguh apes karena kurang keseimbangan akhirnya saya jatuh terjerembab di lubang saat di tanjakan yang penuh dengan batuan yang besar. Untung saya tidak terluka parah hanya bagian lutut rada memar karena benturan dengan batu serta kaca depan motor retak tidak sampai pecah, tetapi bawaan bekal kami karena ada sayur berkuah nya jadi tumpah menyiram celana. Semua ini adalah kenangan yang tidak dapat kami lupakan, suatu saat jika kami sukses rasanya ingin membeli kendaraan roda empat yaitu ATP untuk kegiatan sekaligus refreshing.

Hari pertama di lokasi Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam yang kami lakukan seperti rencana awal, kami bertiga : saya (sarjana), adik pertama (mahasiswa), adik kedua (pelajar sma) membantu membabat semak belukar, sedangkan adikku yang ketiga (siswa smp) bertugas mengantarkan minuman dingin (Es + Suplemen roso-roso) kepada setiap pekerja yang memanggilnya. Ketika siang hari tiba, setelah makan siang kami beristirahat dan tidak lupa menunaikan kewajiban seorang muslim, walaupun berada di gunung dan  dalam kondisi yang tidak nyaman tetapi kami telah persiapkan sebelumnya. Sore hari tiba dengan cepat dan melihat hasil kerja sore ini dapat di prediksi jika ditambah 2 orang pekerja lagi diharapkan besok bisa selesai, akhirnya kami pulang dengan membawa oleh-oleh untuk ternak kambing di rumah rumput khas gunung dempo.

Dokumentasi Perawatan Pohon Karet :

Perawatan Pohon Karet, Apes saat berangkat hari pertama
Perawatan Pohon Karet, Apes saat berangkat hari pertama
Perawatan Pohon Karet, Sebelum dilakukan pembersihan pohon karet diselimuti oleh rumput
Perawatan Pohon Karet, Sebelum dilakukan pembersihan pohon karet diselimuti oleh rumput
Perawatan Pohon Karet, Pekerja sedang membersihkan disekeliling pohon karet dengan Cangkul
Perawatan Pohon Karet, Pekerja sedang membersihkan disekeliling pohon karet dengan Cangkul
Perawatan Pohon Karet, Saya dan kedua adik saya sedang membantu membersihkan dengan semak belukar dengan menggunakan sabit dan golok.
Perawatan Pohon Karet, Saya dan kedua adik saya sedang membantu membersihkan dengan semak belukar dengan menggunakan sabit dan golok.

Perjalanan hari kedua Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam.

Hari kedua diawali dengan aksi senyuman pekerja tambahan (kang samat) kami menyebutnya, beliau orang yang ramah dan santun dialah orang yang membantu bapak saya menanam kakao ketika saya masih SD dan kemaren juga yang membantu bapak saya menanam karet yang akan menggantikan tanaman kakao nya. Kegiatan hari kedua sama seperti hari pertama dan berjalan sesuai rencana. Ada beberapa usul dari para pekerja yang sudah berpengalaman tentang merawat pohon karet yang baru berumur satu bulan, setelah dibabat sebainya di semprot atau diobat rumputnya supaya rumput tidak cepat tumbuh. Usul mereka saya dengarkan tetapi tidak saya lakukan, karena pertimbangan saya ingin sedikit mungkin menggunakan rancun sehingga tidak mencemari tanah dan membunuh cacing-cacing yang membantu menyuburkan tanah. Resikonya adalah kita melawan rumput secara manual, yaitu dengan cara dicangkul atau dibabat.

Akhirnya setelah bekerja dua hari proses pemeliharaan pohon karet bulan pertama selesai.
Akhirnya setelah bekerja dua hari proses pemeliharaan pohon karet bulan pertama selesai.

Itulah sekelumit cerita Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam, mungkin kawan-kawan mempunyai cara atau metode berbeda saat merawat pohon karet nya yang masih muda, jika pengalaman kawan-kawan dituliskan hal ini akan sangat membantu menjadi referensi dan informasi bagi kawan-kawan lain yang ingin berinvestasi di kebun karet, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Bagi Yang Ingin Hasil Produksi Getah Karet nya Meningkat Kami Punya Solusinya
pupukkaretrajalatex-131x300

Untuk Harga dan pemesanan Hubungi Cs Kami Segera dengan mengirim sms di 087899161334 / 081278351356 – bapak royan ( sms only – no call)

Minimum Order 2 botol

Raja Latex Pluss – Rajanya Pupuk Karet – 1 botol untuk 2000 batang karet

VITAMIN BATANG KARET

Hasilkan Getah Karet 40 hingga 70 % dijamin

Kelebihan Pupuk Karet Raja Latex Pluss

– Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Perubahan setelah pakai Raja Latex Pluss

  1. Pengeluaran getah Luar Biasa, kental, berbobot dan tidak bau
  2. Daun hijau alami tidak keriting, kulit lembut tidak keras dan mudah disadap.
  3. Yang mati getah tidak sampai 50 hari sudah normal, perbedaan obat lain biasanya daun kering dan kulit keras.

Pohon Karet Yang Sudah Tua

Produksi getah karet pada pohon karet yang sudah tua akan menurun pada pohon yang berusia 25 – 30 tahun. Tetapi Menggunakan raja latex pluss mendorong mengeluarkan getah latex dengan SEMPURNA dan LUAR BIASA.

Cara Pemakaian Raja Latex Pluss – Aplikasi untuk 2000 – 2500 batang

  • Siapkan air 4 – 5 liter
  • Satu botol kemasan 250 ml. Kocok-kocok terlebih dahulu sebelum dicampur air.
  • Kemudian campurkan 1 botol kemasan 250 ml selanjutnya diaduk secara perlahan. Dengan demikian telah siap untuk dipoleskan ketempat yang sudah di toreh.
  • Celupkan kuas atau sikat kedalam wadah yang sudah dicampurkan dan sapu perlahan dibagian yang sudah ditoreh. Ratakan sapuan supaya dapat diserap menyeluruh. biarkan 1 hari (24 jam) sebelum mulai menoreh (di istirahatkan sehari sebelum ditoreh) Ulangi setelah 10 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan.

Catatan : untuk pemakaian satu hektar, ( 600 batang ) cukup satu botol AQUA ukuran 1 Liter, campurkan 4 – 5 tutup botol raja latex, kocok terlebih dahulu untuk hasil maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan pada pemberian Raja Latex Pluss

kondisi tanaman subur, lebat daun, tidak lagi musim gugur daun dan pembentukan daun muda. Umur 5 tahun keatas. Bidang sadap baik daun lebat tidak kekurangan harasistem sadap dan kurang dari 100 %

Kandungan Pupuk : ethepon 48 %, vitamin batang – daun : 17 – 40 %

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Rajalatexpluss, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan rajalatexpluss, 2botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk NPK ke Anda. Proses persiapan dan pada saat pengiriman membutuhkan waktu 3 hari setelah pembayaran.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Kata Kunci : , , , , , , , , , .

Advertisements