A d v e r t i s e m e n t

Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet yang saya lakukan cukup unik, hal ini karena kondisi lahan calon kebun karet adalah bekas kebun kayu jati. Sebanyak 90 % kayu jati telah dipanen tahun lalu dan masih menyisakan sekitar 10 % bersama 90 % tunggul yang dipenuhi oleh turunan ke dua kayu jati yang tumbuh dengan cepat dan lebat. Luas lahan hampir 2 Ha dan 1/3 digarap atau di tumpang oleh keluarga untuk di tanami tanaman palawija, hal ini juga yang dilakukan orang tuaku. Dahulu sebelum saya tanami kayu jati lokasi ini adalah hutan lebat –> Kebun Kopi biasa –>Tanaman Musiman (Padi, kedelai) –>Kebun Pisang dan 15 tahun yang lalu saya tanami Kayu Jati.

Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet sebenarnya tidak jauh beda dengan tanaman perkebunan lainnya, artinya perlakuan terhadap lahan dan urutan kegiatannya sama. Karena kebun karet tidak membutuhkan tanaman bayangan seperti kebun lada dan tanaman kakao maka sebaiknya lahan calon perkebunan karet bersih dari pohon-pohon besar. Cerita atau informasi dari beberapa pekerja yang sudah beberapa kali bekerja membuka lahan untuk perkebunan karet di daerah Sumatra Selatan Palembang, Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet antara lain :

Advertisements
  1. Hutan lebat atau semak belukar dibabat rata dengan tanah.
  2. Hasil pembabatan dibakar hingga tak tersisa.
  3. Setelah beberapa hari lahan tersebut disemprot dengan menggunakan peptisida/obat rumput pembeku biji.
  4. Proses pemasangan Acir atau tongkat penanda jarak tanam dipasang setelah diukur.
  5. Pembuatan Lubang tanaman bibit karet.
  6. Pemupukan dilakukan jika diperlukan pada setiap lubang.
  7. Penanaman Bibit Karet.
  8. Perwatan Pohon Karet.

Tahapan Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet diatas sedikit berbeda dengan yang saya lakukan, karena mengingat situasi dan kondisi yang ada saya mengambil langkah efektif dan efisien guna mempercepat proses penanaman bibit karet. Perlu diketahui tanah dilokasi lahan yang akan saya tanami bibit karet bisa dibilang subur dintandai dengan hampir seluruh permukaan tanah terdapat rumah cacing kalung, sehingga kalau kondisi basah bisa terpeleset karena licin, dan juga hampir 15 tahun lamanya tanah tidak aktif digunakan.

Kemudian tanaman yang tumbuh dilahan itu adalah semak belukar beserta mata tunas dari tunggul kayu jati yang tumbuh kembali. Saya tidak mengukur lagi jarak atar barisan untuk menanam pohon karet, yang saya lakukan adalah mengambil garis lurus dengan menggunakan tambang di setiap tengah-tengah jarak tanam bekas pohon jati dahulu. Hal ini jelas mempercepat langkah proses penanaman karena membiarkan tumbuhan disekitarnya tetap hidup, tetapi resiko menggunakan cara seperti ini adalah mempersulit proses perawatan. Setelah tiap gang tengah antara bekas pohon jati diterabas dengan parang seperti kita membuka jalan setapak jika menyusuri hutan semak belukar kemudian Acir atau tongkat penanda dipasang dan kemudian langsung dilunbangi dengan menggunakan lebing (bentuknya seperti linggis namun pipih lengkung bergagang kayu).

Dokumentasi Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet yang saya lakukan :

Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Saya Siap turun tangan langsung
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Saya Siap turun tangan langsung
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lahan Semak Belukar yang akan dibersihkan
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lahan Semak Belukar yang akan dibersihkan
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lahan siap tanam yang ditupang saudara
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lahan siap tanam yang ditupang saudara
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Tambang yang digunakan untuk mengukur
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Tambang yang digunakan untuk mengukur
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lembing yang digunakan untuk membuat lubang
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Lembing yang digunakan untuk membuat lubang
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Pekerja sedang menggunakan Lembing
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Pekerja sedang menggunakan Lembing
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Pekerja sedang beristirahat dibawah pohon jati yang belum dipanen.
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Pekerja sedang beristirahat dibawah pohon jati yang belum dipanen.
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Senyum ceria pekerja karena telah selesai tinggal menunggu upah hasil jerih payah
Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet, Senyum ceria pekerja karena telah selesai tinggal menunggu upah hasil jerih payah

Itulah sedikit cerita dan informasi bagaimana Proses Persiapan Lahan untuk Tanaman Karet yang saya lakukan, dilapangan tentunya lebih berat dari sekedar kisah ini. Tulisan selanjutnya adalah Proses penanaman bibit karet, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Bagi Yang Ingin Hasil Produksi Getah Karet nya Meningkat Kami Punya Solusinya
pupukkaretrajalatex-131x300

Untuk Harga dan pemesanan Hubungi Cs Kami Segera dengan mengirim sms di 087899161334 / 081278351356 – bapak royan ( sms only – no call)

Minimum Order 2 botol

Raja Latex Pluss – Rajanya Pupuk Karet – 1 botol untuk 2000 batang karet

VITAMIN BATANG KARET

Hasilkan Getah Karet 40 hingga 70 % dijamin

Kelebihan Pupuk Karet Raja Latex Pluss

– Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Perubahan setelah pakai Raja Latex Pluss

  1. Pengeluaran getah Luar Biasa, kental, berbobot dan tidak bau
  2. Daun hijau alami tidak keriting, kulit lembut tidak keras dan mudah disadap.
  3. Yang mati getah tidak sampai 50 hari sudah normal, perbedaan obat lain biasanya daun kering dan kulit keras.

Pohon Karet Yang Sudah Tua

Produksi getah karet pada pohon karet yang sudah tua akan menurun pada pohon yang berusia 25 – 30 tahun. Tetapi Menggunakan raja latex pluss mendorong mengeluarkan getah latex dengan SEMPURNA dan LUAR BIASA.

Cara Pemakaian Raja Latex Pluss – Aplikasi untuk 2000 – 2500 batang

  • Siapkan air 4 – 5 liter
  • Satu botol kemasan 250 ml. Kocok-kocok terlebih dahulu sebelum dicampur air.
  • Kemudian campurkan 1 botol kemasan 250 ml selanjutnya diaduk secara perlahan. Dengan demikian telah siap untuk dipoleskan ketempat yang sudah di toreh.
  • Celupkan kuas atau sikat kedalam wadah yang sudah dicampurkan dan sapu perlahan dibagian yang sudah ditoreh. Ratakan sapuan supaya dapat diserap menyeluruh. biarkan 1 hari (24 jam) sebelum mulai menoreh (di istirahatkan sehari sebelum ditoreh) Ulangi setelah 10 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan.

Catatan : untuk pemakaian satu hektar, ( 600 batang ) cukup satu botol AQUA ukuran 1 Liter, campurkan 4 – 5 tutup botol raja latex, kocok terlebih dahulu untuk hasil maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan pada pemberian Raja Latex Pluss

kondisi tanaman subur, lebat daun, tidak lagi musim gugur daun dan pembentukan daun muda. Umur 5 tahun keatas. Bidang sadap baik daun lebat tidak kekurangan harasistem sadap dan kurang dari 100 %

Kandungan Pupuk : ethepon 48 %, vitamin batang – daun : 17 – 40 %

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Rajalatexpluss, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan rajalatexpluss, 2botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk NPK ke Anda. Proses persiapan dan pada saat pengiriman membutuhkan waktu 3 hari setelah pembayaran.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Kata Kunci : , , , , , , , , , .

Advertisements