JAKARTA (Pos Kota) – Pengendalian harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Tim khusus yang terdiri dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pangan seperti PD Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharmajaya dibentuk.

Melalaui tim khusus ini Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, mengungkapkan membeli beras dengan harga paling murah. Caranya dengan mengobservasi harga beras dari seluruh daerah ke Jakarta, mulai dari Jepara di Jawa Tengah hingga Surabaya di Jawa Timur.

“Pengendalian harga (bahan pokok) dapat dikendalikan melalui tim ini, saya kira,” kata Sumarsono di Balaikota, Selasa (29/11). Dia mencontohkan, salah satu bahan pokok yang harus dijaga kestabilan harganya adalah beras.

Advertisements

Menurutnya yang penting bagaimana dengan pengeluaran rendah, Pemprov DKI mendapatkan beras dengan harga yang diinginkan. “Kami ingin pembelian langsung dari produsen ke Jakarta, kami carikan upaya untuk itu,” kata Sumarsono.

Pemprov DKI Jakarta juga fokus mengendalikan harga cabai. Sebab, harga cabai terus melambung tiap tahunnya. Salah satu langkahnya adalah dengan mengoptimalisasi seluruh lahan pemerintah untuk tanam cabai.

Dia berharap, rencana itu terealisasi secepat mungkin. “Kemudian kami kerjasama dengan daerah lain untuk menjaga stok, terutama dengan daerah penyangga Jakarta. Kalau lewat tengkulak, pas sampai sini harganya mahal,” kata Sumarsono.(guruh)

Advertisements