TANGERANG (Pos Kota) – Kebutuhan harga sembako dan sayuran menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2017 mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kota Depok. Kenaikkan bervariasi mulai dari Rp 3000 hingga Rp 20 ribu/Kg.

“Hari Raya Natal dan Tahun Baru juga masih jauh sekitar dua minggu lagi tapi harga kebutuhan pokok dan sayuran sudah terasa ada kenaikkan,” ujar Ny. Ruri, warga Serpong, Selasa (13/12).

Kenaikkan harga terjadi antara lain di cabai hijau dari sebelumnya Rp 40 ribu/Kg kini sudah mencapai Rp 50 ribu/Kg, cabai keriting dari sebelumnya Rp 40 ribu kini mencapai Rp 60 ribu/Kg. Bawang merah dari Rp 45 ribu belakangan menjadi Rp 48 ribu/Kg.

Advertisements

Menurut dia, kenaikkan sejumlah harga sayuran dan sembako di sejumlah pasar tradisional mulai dirasakan masyarakat terlebih mendekati Natal dan tahun baru seperti menjelang lebaran. “Kami berharap naiknya tak terlalu tinggi karena masih lama hari Natal dan Tahun Baru,” ujar ibu dua anak ini.

Sementara itu, Nyonya Ubai, pedagang sayuran di Pasar Ciputat, mengatakan kenaikkan sejumlah kebutuhan pokok dan sayuran di beberapa pasar  memang sudah terjadi sejak seminggu lalu alasanya hampir sama karena pengiriman terlambat akibat gagal panen karena cuaca hujan terus. “Kenaikkan selain stok pengiriman sedikit juga harga beli sudah pada naik dari distributor di pasar induk,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan, Ny. Nunung, pedagang di Pasar Kemiri Muka, Kota Depok, kenaikan harga sembako dan sayuran selain dari distributor sedikit akibat cuaca terus-terusan hujan juga mendekati hari Natal dan tahun baru 2017 mendatang.

Sayuran yang naik antyara lain cabai, bawang dan tomat kenaikkan sekitar 40 persen, tuturnya yang menambahkan cabai rawit hijau dari sebelumnya hanya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 45 ribu/Kg, cabai merah dari sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu/Kg. “Untuk bawang merah dan tomat rata-rata naik sekitar 5 ribu hingga Rp 7 ribu/Kg,” ujarnya.

Hardi, pedagang ayam potong, mengatakan imbas adanya kenaikkan harga sembako dan sayuran jugamempengaruhi harga ayam potong dari sebelumnya Rp 35 ribu/ekor kini menjadi Rp 40 ribu/ekor. “Naiknya sekitar Rp 2000 hingga Rp 5000/ekor,” tutunya. (anton/win)

Advertisements