JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang Natal dan Tahun baru 2017, beberapa harga kebutuhan pokok ada yang turun namun ada yang terus meroket naik. Namun, pasokan di Jakarta dinilai cukup hingga awal tahun 2017.

Manager Pasar Induk Kramatjati, Nurman Adhi mengatakan, penurunan harga itu terjadi pada bawang merah sejak satu minggu belakangan. “Penurunan mulai terjadi sejak awal Desember lalu. Setelah sebelumnya mencapai Rp41 ribu, kini menjadi Rp21.500,” katanya, Kamis (15/12).

bawang

Advertisements

Dari turunnya harga bawang merah, stok yang tersedia di Pasar Induk Kramatjati juga dinilai mencukupi. Pasalnya, hingga pekan ketiga Desember ini, ada 95 ton bawang merah yang dinilai akan cukup hingga akhir tahun ini. “Kami berharap stok tersebut akan terus tercukupi hingga awal tahun 2017 mendatang,” ujarnya.

HARGA CABE TETAP TINGGI

Sementara untuk cabai, Nurman menilai harganya terus melambung. Pasalnya, sejak akhir November harga cabe terus merangsek naik setelah sebelumnya hanya sebesar Rp32 ribu. “Namun hingga minggu ketiga ini, harga cabai sudah mencapai Rp49.500,” ungkapnya.

Untuk pasokan cabe itu sendiri, kata Nurman, stok yang ada terus menurun. Setelah pekan lalu jumlah barang yang masuk mencapai 89 ton, kini pada pekan ketiga hanya 79 ton yang tiba di pasar Induk Kramatjati. “Penyebab dikitnya pasokan akibat waktu petik yang terkendala hujan, sehingga stok barang tidak mencukupi,” ungkap Nurman. (Ifand)

Advertisements