JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (15/12) pagi . Hal tersebut untuk mengecek harga cabai yang terus naik dan tersedianya stok menjelang akhir tahun.

Enggar yang datang mengenakan kemeja putih itu, langsung menyusuri kios-kios yang ada. Ia berhenti di kios cabe dan menanyakan harga kebutuhan pokok tersebut. “Berapa harga cabe sekarang?” tanya Enggar.

Pedagang yang ditanya itupun langsung menjawab “Sekarang Rp55 ribu perkilogram Pak. Naik terus, padahal kemarin masih Rp45 ribu,” tutur seorang pedagang.

Advertisements

Dalam kesempatan itu, Enggar menyebut, harga cabe dinilainya mengalami sedikit lonjakan dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu disebabkan cuaca di mana terjadi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah di Indonesia, yang menyebabkan pasokan penurunan.

“Harga cabe terus melonjak karena saat ini iklim yang kurang bersahabat. Akibatnya, pada waktu hujan petani tidak mau memetik cabe, dan pembeli pun tidak mau beli, sehingga harga terus melonjak,” ujar Enggar.

Meski begitu, Enggar berharap harga cabai bisa segera kembali normal, seperti harga bawang merah saat ini juga dinilai relatif stabil. Pemerintah akan terus menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok itu agar petani, pedagang, dan konsumen sama-sama diuntungkan. “Tujuannya kita cari keseimbangan perolehan petani dan penjual. Karena dari situ masyarakat juga diuntungkan,” tegasnya. (Ifand)

Advertisements