JAKARTA (Pos Kota) – Di tengah meroketnya harga cabai rawit yang mencapai Rp120 ribu/kg, maka cabe busuk pun masih laku dijual Rp50 ribu. Hal ini bisa dilihat di sejumlah pasar tradisional. Pembeli umumnya pedagang makanan dan ibu rumah tangga.

“Aneh ya, Pak, di zaman modern gini kok kehidupan kita makin mundur,” kata Saniyah, pembeli, sambil asyik memilah cabai rawit di Pasar Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2017). “Hari gini kok makan cabai busuk. Padahal, kata ibu saya pada zaman penjajahan kompeni dulu, tidak ada orang beli cabai yang sudah gosong dan kering begini.”

Ia terpaksa membeli cabe yang tidak layak konsumsi itu karena sangat membutuhkan untuk bumbu makanan. “Saya kan nyambil jualan makanan di depan rumah. Banyak pelanggan yang nggak jadi makan kalau nggak ada sambal, makanya saya terpaksa beli cabai yang warnanya menghitam karena harganya jauh lebih murah. Yang penting ada rasa pedasnya, nambah nafsu makan,” kata pedagang pecel lele ini.

Advertisements

Di sejumlah pasar tradisional terlihat penjualan cabai busuk. Biasanya ditaruh di atas tampah di depan lapak agar pembeli bisa memilah sendiri. Cabai busuk maupun setengah busuk dicampur baur jadi satu, biar pembeli memilih sendiri. Harganya Rp50 ribu/kg.

Sedang cabai rawit yang kualitasnya bagus ditaruh di samping pedagang. “Yang ini harganya Rp120 ribu, masih segar dan warna-warni,” ujar Fadhyah, pedagang sayur, sambil menunjuk kumpulan cabai rawit warna hijau, kuning, dan merah.

Menurutnya sejak beberapa hari ini, banyak pedagang menjual cabai busuk. “Waktu harga masih normal, cabai ginian biasanya dibuang di tempat sampah. Tapi ternyata sekarang bisa dijual sekilo Rp 50 ribu. Kebanyakan pembelinya kalangan pedagang makanan yang sekali beli langsung dua sampai lima kilo. Ada pula beberapa ibu rumah tangga, tapi belinya sedikit cuma Rp5 ribu.

Fenomena cabai busuk ini hendaknya menjadi pertimbangan bagi pelanggan warung makan. Kalau cabe busuk tadi dimasak labih dulu untuk bahan sambel, mungkin relatif aman bagi kesehatan. Tapi kalau diolah jadi sambal mentah, mungkin cabai busuk tadi sudah tidak layak konsumsi dan bisa mengganggu kesehatan, seperti perut mulas dan lainnya. (joko/yp)

Advertisements