MEDAN (Pos Kota) – Selalu ada cara untuk bertahan pada situasi sulit. Misalnya, dengan mengupayakan penanaman sendiri, ketika harga cabai meroket. Polybag menjadi salah satu pilihan tepat, karena relatif mudah dan tidak membutuhkan lahan luas.

Kamis (19/1/2017) selepas apel pagi, anggota Kodim 0311/Pessel, Kodam I Bukit Barisan, tampak mempersiapkan polybag yang telah diisi tanah, pupuk kandang, dan sekam.

Polybag-polybag itu akan ditanami berbagai macam tanaman cabe, mulai dari cabe rawit keriting, rawit merah, dan cabe hijau. Minggu lalu, anggota Kodim 0311/Pessel telah mempersiapkan media tanam tanah yang sudah diolah dengan pupuk kandang dan sekam serta langsung dimasukkan kedalam polybag-polybag.

Advertisements

“Dengan media polybag diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Dengan cara tanam sendiri ini, anggota nantinya bisa memetik, jadi tidak harus beli,” ujar Pasiter Kodim 0311/Pessel, Kapten Inf Rudi Saragih.

Program ini menjadi bukti keseriusan Dandim 0311/Pessel dan anggotanya untuk mengantisipasi harga cabe sekarang yang terus naik.

“Tanam cabe adalah upaya satuan untuk sedikit membantu anggota akan kebutuhan cabe yang harganya bikin berpikir dua kali untuk membelinya. Apalagi para ibu-ibu,” tandas Pasiter

Selain di Makodim 0311/Pessel, upaya tanam cabai juga dilaksanakan di Koramil jajaran dengan masing-masing diharuskan menanam cabe minimal sekitar 10 Polybag per anggota.

(pendam bukitbarisan/sir)

Advertisements