JAKARTA (Pos Kota) – Harga cabai di Pasar Koja mencapai Rp122 ribu per kg, Kamis (2/2/107). Bahkan beberpa hari sebelumnya mencapai Rp130 ribu per kg.

Endang (38), pedagang, mengatakan harga bumbu terjadi sejak awal tahun. Menurutnya, kenaikan tertinggi adalah cabai. Pada akhir tahun, cabai harganya di kisaran Rp95 ribu per kg. Namun sejak tahun baru harga terus naik.

“Sempat Rp130 ribu tapi sekarang sudah Rp122 ribu per kg,” katanya. “Cabai merah keriting yang sebelumnya Rp40 ribu sekarang Rp60 ribu per kg, cabai merah biasa dari Rp40 ribu jadi Rp50 ribu per kg.”

Advertisements

Hal sama disampaikan Rizal, pedagang lainnya. “Saya bingung harga cabai kok susah stabil, padahal bawang putih tetap Rp35 ribu per kg,” ujarnya.

Kepala Pasar Koja Baru, Eko Purwanto, mengakui harga cabai mengalami kenaikan. menurutnya, hal ini terjadi karena cuara hujan sehingga distribusi sayur mayur ke pasar-pasar di Jakarta mengalami penurunan.

“Kami perkirakan kenaikan ini karena musim hujan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan mengalami penurunan harga,” katanya. (wandi/yp)

Advertisements