JAKARTA (Pos Kota) – Saat ini, harga cabai rawit merah di pasaran sekitar Rp150 ribu per kg. Namun Direktur Jenderl Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sudjono, harganya segera turun bulan ini juga. Alasannya, akan ada panen raya yang membuat kebutuhan cabai terpenuhi.

Ia mengatakan beberapa daerah akan panen raya di antaranya Kediri, Malang, Blitar, Temanggung, dan Banyuwangi. “Petani cabai Kediri mulai banyak yang panen. Jadi dalam waktu yang tidak lama lagi pasokan akan melimpah karena tanamannya ada 4.000 hektar. Ini belum yang di daerah lain seperti Blitar dan Malang,” katanya.

Pasokan cabe rawit merah pada Februari ini diperkirakan sebanyak 73.843 ton. Sedangkan konsumsi cabai pada Februari diperkirakan mencapai 68.386 ton. Dengan demikian masih ada suplus sekitar 5.457 ton.

Advertisements

Spudnik mengharapkan cuaca pada Februari ini akan lebih baik dan mendukung sektor pertanian dan panen raya di sejumlah wilayah tidak terganggu. Pasalnya proses pemanenan cabe seringakali terkendala akibat hujan deras.

“Tanaman cabai kan bayak yang berada di perbukitan yang sulit dijangkau. Jadi jika hujan deras seringkali petani cabai kesulitan dalam pemanenan dan pengangkutannya,” katanya. (faisal/yp)

Advertisements