SYDNEY (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo tidak cerita soal politik ketemu warga negara Indonesia di negeri Kanguru Australia. Dia mengaku lebih banyak cerita soal ekonomi.

“Saya nggak mau banyak cerita soal politik, pusing, cerita ekonomi saja,” kata Presiden Jokowi dalam acara temu WNI dengan Presiden Jokowi di Darling Harboure Theatre International Convention Center Sydney, Minggu (26/2/2017).

Di hadapan sekitar 2.500 orang WNI yang tinggal di Australia, Presiden bertanya apakah mereka datang untuk menonton konser. “Saya biasanya kalau ke daerah, selalu memberi kuis dengan hadiah sepeda tapi di sini, bawanya bagaimana,” kata Presiden.

Advertisements

Meskipun belum jelas hadiahnya, namun Presiden Jokowi sempat mengundang dua WNI maju ke depan untuk menjawab kuis yang disampaikan Jokowi. “Nanti hadiahnya dikirim dari Jakarta, tolong dicatat namanya,” kata Jokowi dalam acara yang dipandu komedian Sule dan Andre Taulani itu.

Saat di depan WNI di Australia, Presiden Jokowi menyebutkan pertumbuhan ekonomi 2016 pada posisi 5,02 persen. “Dibanding negara lain yang anjlok sampai 100 persen, ini pantut disyukuri karena masih di atas lima persen,” katanya.

Jokowi juga berpesan agar tidak termakan isu-isu lokal seperti harga cabai naik. “Yang naik hanya cabai aja kok ribut, nanti kalau sudah musimnya dia juga akan turun. Jangan termakan hal seperti itu,” katanya. Menurut dia, harga cabai mahal sedikit tidak apa-apa biar petani mendapat keuntungan.(us)

Advertisements