JAKARTA (Pos Kota) – Petugas Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) pengawasan harga di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur. Langkah itu dilakukan untuk menjaga kestabilan harga menjelang bulan Ramadhan yang akan berlangsung beberapa pekan lagi.

Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik Sudin Kominfo Jakarta Timur, Leonardo mengatakan, sesuai instruksi walikota pihaknya melakukan pengecekan seluruh harga kebutuhan pokok. “Ini untuk memantau harga-harga kebutuhan pokok yang selama ini dijual pedagang. Untuk tahap awal, kami mengecek di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur,” katanya, Selasa (11/4).

Menurutnya, pengecekan harga itu untuk mengantisipasi lonjakan harga. Jangan sampai begitu mendekati bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok melonjak tinggi dan menyulitkan warga. “Karena itu, perlu antisipasi agar harga terus terpantau dan warga tak lagi kebingungan,” ujar Leonardo.

Advertisements

Dari hasil pengecekan itu, kata Leonardo, pihaknya masih menemukan harga kebutuhan pokok yang cukup stabil. Hanya saja, cabai merah besar yang terus menaik setelah sebelumnya hanya Rp36 ribu, pada pekan lalu, kini menjadi Rp44 ribu. “Dari hasil temuan itu akan kami akan terus melakukan pengawasan agar harga tak lagi kembali naik,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Leonardo, pemeriksaan harga kebutuhan pokok itu juga akan di cek diseluruh pasar yang ada di Jakarta Timur. Dan bila ditemukan kenaikan, pihaknya akan langsung melaporkan ke Pemprov DKI agar dengan segera melakukan operasi pasar. “Meski begitu kami juga berharap agar harga tetap stabil hingga bulan Ramadhan mendatang,” ungkapnya. (Ifand)

Advertisements