Semangka tanpa biji merupakan salah satu hasil rekayasa genetik yang cukup menguntungkan petani. Pasalnya semangka jenis tanpa biji ini memiliki tingkat produksi yang lebih besar dari semangka biasa. Kultivar semangka jenis hibrida ini juga memiliki pertumbuhan yang kuat dan tidak mudah terserang jamur/fungi. (Baca Juga: Manfaat semangka kuning , Manfaat semangka untuk asam urat)

ads

Berikut adalah beberapa manfaat semangka tanpa biji yang dapat kami ulas :

1. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi buah semangka tanpa biji ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan kandungan mineral kalium dan magnesiumnya. (Baca juga : Manfaat ketumbar untuk darah tinggi , Manfaat daun alpukat bagi hipertensi)

2. Mencegah dehidrasi

Karena kandungan air yang besar di dalam buah semangka ini, maka mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat dapat mencegah dehidrasi. (Baca Juga: Manfaat komatsuna merah , Manfaat belimbing untuk hipertensi)

3. Memelihara kesehatan ginjal

Semangka mampu membantu memenuhi kebutuhan air did alam tubuh dengan kandungan airnya yang cukup besar dalam buah ini. Sehingga mengkonsumsi buah semangka dapat mengurangi resiko terkena penyakit ginjal. Tentu hal ini harus diimbangi dengan kebiasaan meminumair minimal 1,5 L sehari.

Baca Juga:

4. Menjaga kelembaban dan meremajakan kulit

Semangka tanpa biji memiliki kandungan lycopene yang cukup besar. Keberadaan senyawa lycopene ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi penyerapan sinar UV oleh kulit kita saat melakukan aktifitas di luar ruangan. (Baca Juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit , Manfaat Kulit Sapi)

5. Menambah kekuatan imun tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah semangka tanpa biji mampu memberikan supply kekuatan untuk imunitas tubuh kitA. Imun tubuh yang kuat akan membuat kita tidak mudah terserang penyakit. (Baca Juga: Manfaat jus strawberry jeruk , Manfaat buah kokosan )

6. Melancarkan pencernaan

Komposisi serat di dalam buah semangka tanpa biji ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Seperti yang diketahui bahwa serat sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar buang air besar. Sehingga resiko terkena wasir pun dapat diminimalisir. (Baca Juga: Manfaat mengkudu untuk hipertensi)

7. Menjaga kesehatan mata

Semangka tanpa biji juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup besar. Adanya vitamin A akan meningkatkan kesehatan mata kita. (Baca Juga: Manfaat vitamin A untuk mata , Manfaat teh untuk kesehatan mata)

sponsored links


8. Mengurangi resiko terkena diabetes

Kandungan gula yang rendah di dalam buah semangka tanpa biji, dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes karena dengan mengkonsumsi semangka tanpa biji yang rendah gula dan rendah kalori dapat menjadi alternatif pola makan sehat yang berkualitas. (Baca Juga: Manfaat buah ranti , Manfaat buah cupuacu)

9. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Buah semangka memiliki kandungan lycopene yang mampu melawan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. (Baca Juga: Manfaat kacang tanah untuk kesehatan jantung , Manfaat alpukat untuk kesehatan jantung)

10. Mengurangi morning sickness untuk ibu hamil

Mengkonsumsi buah semangka tanpa biji di pagi hari akan memberi efek segar pada ibu hamil, sehingga memberi energi dan mengurangi keluhan untuk ibu hamil khsuusnya di pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness.

Baca Juga:

Meski buah semangka tanpa biji cukup populer dan digemari masyarakat, namun sebenarnya biji semangka memiliki berbagai kandungan zat nutrisi dan non nutrisi yang beragam seperti mineral, protein, asam lemak, folat, niacin, thiamin, tembaga, fosfor, seng, besi, mangan, kalium dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]