JAKARTA (Pos Kota) – PD Pasar Jaya akan mempercepat lelang pengadaan mesin controlled atmosphere storage (CAS). Dikebutnya hal tersebut, karena mesin tersebut nantinya akan disiapkan untuk menyimpan cabe dan bawang untuk mencegah lonjakan selama bulan Ramadhan.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, saat ini pengadaan mesin tersebut tengah dalam proses lelang. Dimana nantinya, dua alat yang tengah proses lelang itu digunakan untuk menyimpan komoditi pangan seperti cabe dan bawang.

“Ditargetkan rampung awal Juni ini dan sudah bisa langsung dioperasikan. Sehingga tak akan ada lagi keterbatasan stok yang mengakibatkan harga melambung,” katanya, kemarin.

Advertisements

Dikatakan Arief, rencananya, PD Pasar Jaya secara keseluruhan membeli tiga unit mesin CAS, dengan anggaran Rp4 miliar. Langkah itu sebagai upaya pemprov untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok yang terus melambung menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Namun karena waktunya mepet, kita adakan dua dulu. Kita akan percepat lelangnya. Paling lambat pekan pertama Ramadan rampung,” ujar Arief.

Dijelaskan Dirut PD Pasar Jaya ini, dengan adanya mesin tersebut, nantinya bisa menampung bawang dan cabe mencapai 28 ton. Sehingga, saat pasokan menipis stok akan didistribusikan ke pasaran, dan pemprov DKI bisa menjaga dua alat yang digunakan untuk menyimpan komoditi kebutuhan pokok.

“Di Pasar Induk itu kebutuhan bawang dan cabai per hari sekitar 120 ton. Begitu stok di pasar kurang dari 20 persen, kita distribusikan,” tandasnya. (Ifand/win)

Advertisements