Berat badan dan bentuk tubuh ideal merupakan dambaan semua orang. Terlalu gemuk atau terlalu kurus sama-sama tidak bagus baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Untuk itu banyak orang rela melakukan berbagai hal yang terkadang ekstrem seperti melakukan diet super ketat, mengonsumsi obat atau jamu yang belum jelas kandungannya, hingga operasi sedot lemak. Meskipun mungkin dapat melangsingkan tubuh namun hal-hal tersebut berpotensi besar membahayakan tubuh.

Selama ini banyak orang salah kaprah mengenai diet dan melakukannya secara sembarangan tanpa pengetahuan kesehatan yang baik. Diet bukan berarti tidak makan atau makan sangat sedikit namun diet adalah pengaturan pola makan sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh sesuai atau sedikit di bawah kalori yang digunakan sehari-hari. Dengan demikian kita tidak menambah penumpukan kalori di dalam tubuh, justru sedikit demi sedikit mengurangi penumpukan lemak dengan cara menggunakannya sebagai sumber energi. Dan dampaknya berat badan akan berangsur berkurang.

Tapi sayangnya kebanyakan orang tidak sabar dan menginginkan sesuatu yang cepat sehingga mereka melakukan hal-hal ekstrem dan membahayakan tubuh. Dan kalaupun berat badan turun namun turunnya tidak sehat sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit, kurang nutrisi, dan tidak bertahan lama. Ya, berapa banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan cepat namun tidak lama naik kembali karena tidak tahan dengan pola makan yang menyiksa. Diet seharusnya dijadikan pola makan sehari-hari sehingga tidak hanya menstabilkan berat badan namun juga sangat baik bagi kesehatan.

Advertisements

Agar program diet anda berhasil ada beragam jenis makanan sehat yang bisa anda konsumsi seperti:

Belimbing Wuluh

Selain makanan-makanan di atas ada satu lagi pilihan makanan yang ampuh untuk menurunkan berat badan yaitu belimbing wuluh atau belimbing sayur. Buah yang memiliki nama latin averrhoa bilimbi linn ini sudah sangat dikenal di masyarakat. Bentuknya bundar lonjong, berukuran kecil, dan berwarna hijau. Rasanya asam dan kecut sehingga sering dijadikan campuran dalam masakan untuk memberi rasa asam alami yang menyegarkan disamping bahan makanan lain seperti manfaat jeruk nipis dan 35 manfaat asam jawa bagi kesehatan yang teruji.

Belimbing wuluh merupakan buah asli Indonesia dan juga berasal dari daratan Malaya. Buah ini sangat mudah dijumpai karena berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh di mana saja tanpa membutuhkan perawatan khusus. Bisa ditanam di pekarangan rumah sehingga dapat langsung diambil ketika dibutuhkan. Hal ini menyebabkan harga jualnya di pasaran sangat murah dan terjangkau.

Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh

Meskipun mudah didapatkan dan harganya tergolong murah namun manfaatnya bagi kesehatan tidak bisa disepelekan. Buah ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Hal ini didukung oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti vitamin C, serat, pektin, terpenoid, thiamine, niacin, 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh, manfaat protein, manfaat karbohidrat, manfaat lemak, 22 manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia, manfaat vitamin a, manfaat fosfor, manfaat zat besi, manfaat riboflavin, dan manfaat karoten.

Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Dengan metabolisme yang baik maka setiap makanan yang kita makan dapat diserap dengan baik dan dapat menghasilkan energi untuk melakukan fungsi-fungsi dasar tubuh dan berbagai aktivitas harian. Hal ini mencegah penumpukan kalori di dalam tubuh serta membantu membakar simpanan lemak menjadi energi yang diperlukan untuk mendukung berbagai aktivitas tubuh. Oleh karena itu program diet hanya akan berhasil jika didukung dengan aktivitas fisik dan rutin berolahraga. Tanpa keduanya jangan diharap berat badan akan berkurang. Selain itu dengan mengonsumsi belimbing wuluh kita juga bisa mendapatkan manfaat vitamin c lainnya yang juga sangat baik bagi tubuh.

Serat yang terkandung dalam belimbing wuluh juga sangat baik untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan dapat ditekan. Karena seperti yang diketahui kebanyakan orang makan bukan karena lapar atau kekurangan kalori tetapi karena ingin. Selain itu kita juga dapat memetik manfaat serat lainnya juga juga sangat baik bagi kesehatan.

Sebagai salah satu menu diet belimbing wuluh sebaiknya dikonsumsi mentah atau diolah menjadi jus setelah sebelumnya dicuci bersih. Hal ini bertujuan agar nutrisi pada belimbing wuluh tetap utuh dan terhindar dari kerusakan akibat proses memasak yang kurang tepat. Selain itu jika belimbing wuluh dikonsumsi dalam bentuk makanan olahan seperti gulai tentu nilai kalorinya lebih tinggi daripada dimakan mentah padahal tujuan kita adalah mengurangi kalori. Jus belimbing wuluh ini dapat dikonsumsi sebagai pendamping makanan utama.

Selain menjaga asupan dan pola makan penurunan berat badan juga harus dilakukan dengan rajin berolahraga dan beraktivitas fisik sehingga kalori yang masuk dapat digunakan dalam bentuk energi serta sedikit demi sedikit membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh.

Manfaat Lain Belimbing Wuluh

Seperti yang telah disebutkan di atas ada begitu banyak nutrisi yang dikandung oleh belimbing wuluh yang menjadikannya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya:

1. Batuk

Selain menggunakan manfaat nanas untuk batuk kita juga dapat memanfaatkan belimbing wuluh untuk meredakan batuk. Caranya dengan merebus beberapa lebar daun, bunga, dan dua buah belimbing wuluh dalam 2 gelas air. Tambahkan sedikit gula sebagai pemanis kemudian rebus serta tunggu hingga mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya. Setelah itu air rebusan disaring dan dapat diminum ketika sudah hangat.

2. Demam

Daun belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk menurunkan demam disamping obat herbal lainnya seperti 12 manfaat daun cincau untuk pengobatan dan kesehatan. Caranya dengan melumatkan daun belimbing wuluh hingga halus kemudian dibalurkan pada dahi penderita demam.

3. Diabetes

Belimbing wuluh mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang sangat baik untuk meningkatkan insulin dimana pada penderita diabetes insulin tidak diproduksi dalam jumlah cukup atau tidak digunakan dengan benar. Selain itu kandungan tanin pada belimbing wuluh juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat cocok dan bermanfaat bagi penderita diabetes.

Advertisements