Sponsors Link

Adakah sobat disini yang tidak kenal dengan buah kersen? Yuk, kita kenalan dulu dengan kersen atau bisa disebut dengan talok. Kersen yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Muntingia Calabura merupakan sejenis pohon yang memiliki buah berukuran kecil dan mungil, dengan rasa yang manis, dan memiliki warna merah cerah. Tanaman kersen adalah tanaman yang tumbuh subur di daerah Indonesia. Sehingga bukan hal yang aneh lagi jika kita sering menjumpainya di jalan-jalan ibu kota, terutama di daerah pedesaan maka kita akan sering menjumpainya.

Baca juga:

Selain buahnya yang memiliki rasa manis, ternyata manfaat tanaman kersen yang luar biasa ini terdapat dari daunnya. Bentuk daun yang terletak mendatar, berseling, helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, dengan memiliki tepi daun yang bergerigi dan berujung runcing dengan panjang 4 sampai 14 centi meter dan lebar 1 sampai 4 centi meter, memiliki sisi bawah berambut kelabu rapat dan bertangkai pendek. Daun penumpu yang sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0.5 centi meter, daun yang agak lama akan mongering kemudian rontok, sementara yang sebelah lagi rudimeter. Inilah gambaran dari penampakan fisik daun kersen.

Baca juga:

Adapun manfaat dari daun kersen adalah sebagai berikut ini.

  1. Sebagai Obat Hipertensi – Manfaat dari rebusan daun kersen adalah dapat mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tentu saja perlu kerutinan dalam meminum rebusan daun kersen ini. Disisi lain juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat, sehingga rebusan daun kersen bisa bekerja secara optimal. (Baca juga: Manfaat Pare bagi Hipertensi)
  2. Sebagai Obat Diabetes – Rebusan daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat diabetes. Meminum rebusan daun kersen sebanyak dua kali sekali akan membantu menyembuhkan diabetes, karena rebusan daun ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula penderita diabetes. (Baca juga: Manfaat Diabetasol)
  3. Membunuh Bakteri – Rebusan daun kersen ternyata memiliki khasiat untuk membunuh mikroba. Hal ini dikarenakan kandungan tannin, flavonoids, dan saponin yang dapat membunuh bakteri. (Baca juga: Manfaat Madu Ceng)
  4. Melindungi Fungsi Otot Jantung – Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan dalam rebusan daun kersen baik untuk mengobati dan melindungi fungsi jantung dan kemungkinan kerusakan akibat racun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga tidak ada salahnya mencoba seduhan daun kersen untuk melindungi selaput membrane jantung. (Baca juga: Manfaat Handstand Push Up)
  5. Sebagai Anti Inflasi – Dengan meminum seduhan daun kersem mampu terhindar dari anti-inflamasi atau yang biasa kita sebut dengan radang. (Baca juga: Manfaat Infused Water untuk Diet)
  6. Sebagai Antiseptik – Rebusan daun kersen juga mampu membunuh mikroba atau antiseptic. Hal ini terjadi dikarenakan daun kersen mengandung senyawa seperti tannin, flavonoid, dan saponin. (Baca juga: Manfaat Madu Clover Honey)
  7. Sebagai Anti Tumor – pencegahan terhadap penyakit tumor dapat dilakukan dengan meminum seduhan daun kersen. Kandungan flavonoid dalam daun kersen membuatnya memiliki khasiat untuk menghambat pertumbuhan kanker. Sehingga bisa dijadikan alternative solusi untuk penyembuhan penyakit kanker. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Tumor)
    Sponsors Link

  8. Sebagai Anti Oksidan – Daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. Dimana senyawa flavonoid dapat bekerja sebagai anti oksidan, sehingga memiliki kemampuan untuk menyekresi hormone insulin yang diperlukan untuk metabolism gula. (Baca juga: Manfaat Antioksidan)

Adapun manfaat pohon kersen adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Pohon Peneduh – Kebanyakan orang-orang suka berteduh di bawah pohok kersen. Karena letaknya yang di tepian jalan, maka tidak jarang orang mampir di bawahnya sekedar untuk berteduh, baik saat cuaca panas maupun hujan. (Baca juga: Manfaat Pohon Sagu)
  2. Makanan Para Burung – Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering kali mengunjungi pohon kersen di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. (Baca juga: Manfaat Burung Merpati)
  3. Makanan Para Kelelawar – Di waktu malam hari, dengan gelapnya malam. Maka berbagai jenis kelelawar pemakan buah datang dengan tujuan untuk memakan buah kersen. (Baca juga: Manfaat Jambu Air Merah)
  4. Sebagai Kayu Bakar – Kayu kersen yang lunak dan mudah kering sangat cock bila digunakan untuk kayu bakar. (Baca juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet)
  5. Sebagai Bahan Pembuat Tali – Kulit kayu dari pohon kersen mudah dikupas dan digunakan sebagai bahan tali. (Baca juga: Manfaat Lompat Tali Bagi Kesehatan)
  6. Sebagai Bahan Kain Pembalut – Kulit kayu dari pohon kersen mudah dikupas dan digunakan slain sebagai bahan pembuatan tali juga digunakan sebagai kain untuk pembalut. (Baca juga: Manfaat Pembalut Avail)
  7. Tempat Favorit Untuk Bermain Anak-Anak – Anak-anak di kota maupun desa sangat suka bermain-main di bawah pohon kersen. Biasanya anak-anak akan memanjat pohonnya. Hal ini terlihat dari bekas-bekas yang ditinggalkan berupa ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas. (Baca juga: Manfaat Vitamin Apialys) 
    Sponsors Link

  8. Buahnya Untuk Cemilan – Buah kersen yang memiliki warna merah menyala dan manis menggoda anak-anak yang lewat di bawahnya untuk mengambil dan memakannya. Sehingga tidak jarang anak-anak sering berhenti ketika berada di bawah pohon sekedar untuk memetik buahnya dan memakannya. (Baca juga: Manfaat Cemilan Sehat)
  9. Mudah Tumbuh Dimana Saja – Pohon kersen termasuk pohon yang tidak sulit dalam budidayanya, bahkan termasuk pohon yang mudah tumbuh dimana-mana. Kita bisa menanamnya di pekarangan rumah, pinggir jalan, ataupun depan rumah. POhon ini berasal dari Amerika Tropis, kemudian dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad ke-19, kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh ailayah tropis di Asia Tenggara. (Baca juga: Manfaat Tumbuhan Putri Malu)

Cara pengolahannya yang sering digunakan oleh masyarakat adalah dengan cara mengambil beberapa helai daun kersen, kemudian merebusnya bersama air hingga mendidih. Setelah mendidik, air rebusan di saring sehingga terpisah dari ampas daun kersen. Tunggu hingga air rebusan dingin, kemudian minum. Meminumnya akan lebih baik jika diminum secara rutin. Karena semua pengobatan tidak ada yang instan, sehingga perlu ketelatenan untuk meminumnya. Disisi lain juga diimbangi dengan istirahat cukup dan tidak memakan makanan yang memicu penyakit bersangkutan kambuh atau bertambah parah. Akan lebih baik lagi jika meminum ramuan ini juga dengan berkonsultasi pada dokter.

Baca juga:

Informasi terkait manfaat daun kersen sangat menarik bukan? Untuk menambah wawasan kita semakin banyak dan dalam lagi, kita bisa membaca artikel-artikel lain. contohnya saja seperti artikel tentang Manfaat Biji Aprikot, Manfaat Biji Asam Kawak, Manfaat Kopi Biji Kurma, dan lain sebagainya. Happy Reading!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!


herbal, kersen, pohon


Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]