Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang tidak semua orang menyukainya. Jenis sayuran yang memiliki namalatin Brassica oleracea L. ini termasuk dalam tanaman sejenis kubis akan tetapi memiliki warna yang hijau tua, berbeda dengan kubis dan kembang kol yang memiliki warna hijau muda yang lebih condong pada warna putih. Seperti sayuran pada umumnya, brokoli meiliki kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Brokoli

Advertisements

Brokoli dikenal sebagai salah satu sayuran yang baik untuk mengatasi kanker. Kandungan gizi yang tedapat di dalam brokoli diantaranya, kalsium, lemak, protein, kalori, asam lemak omega 3, karbohidrat, potassium, zat besi, zinc, fosfor, magnesium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, mangan, serat dan juga triptofan. Akan tetapi, kandungan lemak, kalori dan juga sodium di dalam brokoli sangatlah rendah, dan tentunya tidak mengandung koleterol yang membahayakan tubuh.

artikel terkait: manfaat brokoli

Variasi Olahan Brokoli

Brokoli termasuk dalam jenis sayuran yang tidak terlalu diminati karena rasa sayurnya yang kuat,berbeda dengan kembang kol ataupun kobis. Oleh karena itu, brokoli tidak melulu dikonsumsi dan dimasukkan dalam olahan sayur, namun dapat divariasikan bagaimana cara mengolahnya. Salah satu cara mudah mengolah brokoli yakni dengan membuat jus brokoli yang divariasikan dengan beberapa bahan lain, yang mana menjadikan brokoli lebih lezat, akan tetapi kandungan dalam brokoli tetap terjaga. Adapun beberapa variasi jus brokoli diantaranya:

  1. Jus Brokoli Susu

Menambahkan susu dalam campuran jus brokoli dapat membantu menghilangkan rasa sayuran brokoli karena adanya rasa manis dari susu. Dalam setiap 50 gram brokoli yang akan dibuat jus, dapat ditambahkan sekitar 50 ml susu kedelai atau jenis susu lainnya. Dapat juga ditambahkan sedikit gula agar terasa lebih manis sesuai dengan selera. Tidak hanya mendapat gizi dari brokoli, mencamurkan susu ke dalam jus brokoli juga membuat tubuh juga mendapatkan gizi dari susu.

  1. Jus Brokoli Madu

Selain menambahkan susu, agar jus brokoli menjadi lebih manis juga dapat ditambahkan madu secukupnya. Menambahkan madu ke dalam jus brokoli dapat ditambahkan sesuai selera. Menambahkan madu ke dalam jus brokoli tidak akan mengurangi kandungan gizi yang ada di dalam brokoli, serta mendapatkan kandungan gizi yang terdapat di dalam madu.

  1. Jus Brokoli dan Campuran Buah

Tidak hanya menambahkan susu dan juga madu, brokoli juga dapat divariasikan bersama dengan jenis sayuran lainnya, seperti jeruk, mentimun dan juga wortel, serta beberapa jenis buah lainnya. Agar mendapatkan rasa yang manis, campuran jus sayur dan buah ini juga dapat ditambahkan madu atau gula sesuai dengan selera.

artikel terkait: manfaat buah belimbing untuk diet

Membuat variasi jus brokoli dapat membantu selera konsumsi brokoli menjadi meningkat dibandingkan dengan mengkonsumsi dalam campuran sayur. Selain itu, jus brokoli juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Brokoli

Setiap jenis sayuran memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh, termasuk sayur brokoli. Kandungan beragam yang terdapat di dalam brokoli sangat bagus untuk tubuh, apabila penyerapan nutrisi di dalam tubuh berjalan dengan baik. Brokoli dapat dimasak sebagai sup, namun,penyerapan nutrisi brokoli lebih baik dalam keadaan mentah, seperti diolah menjadi jus. Selain itu, mengolah brokoli menjadi jus akan membantu memeprcepat proses penyerapan nutrisi brokoli ke dalam tubuh karena sudah berbentuk cair. Beberaa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi jus brokoli diantaranya:

  1. Menguatkan Tulang

Brokoli memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin K. Kedua kandungan ini sangat baik dan bemanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan kerapatan tulang, sehingga tulang akan terhindar dari risiko terkena beberapa penyakit tulang seperti osteoporosis, flu tulang, dan masalah tulang lainnya.

artikel terkait: manfaat bengkoang untuk lambung

  1. Mencegah Kanker

Hampir semua sayuran hijau, termasuk brokoli, dikenal sebagai jenis sayuran yang dapat membantu melawan dan mencegah sel kanker masuk ke dalam tubuh. Kandungan agen anti kanker yang terdapat di dalam brokoli seperti indoles, sulfarophane, isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten dapat membantu mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Diabetes

Sulfarophane tidak hanya dapat menjadi zat anti kanker, akan tetapi zat ini mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan. sulfarphane dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga juga sangat dikenal sebagai zat anti diabates.

artikel terkait: manfaat buah bit untuk anak

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Memiliki riwayat darah tinggi dapat menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit yang membakan tubuh. Mengkonsumsi jus brokoli dengan kandungan sulforaphane nya, membantu mencegah munculnya darah tinggi. karena sulforaphane sendiri dapat membentuk enzim yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, kandunga serat yakni serat pektin yang ada di dalam brokoli mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Serat pektin menurunkan kolesterol jahat dengan mengikat asam empedu, sehingga sedikit kolesterol yang berada pada sirkulasi darah.

artikel terkait: manfaat tanaman okra

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi jus brokoli dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan tekanan darah yang normal, dan juga kadar koleterol yang rendah,tubuh akan lebih sehat, dan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung karena aliran darah yang lancar dan  kecilnya kemungkinan tersumbatnya aliran darah ke jantung.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Stroke

Turunnya kadar kolesterol yang berjalan bersama aliran darah dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke. Aliran darah yang lancar tanpa adanya sumbatan dapat mencegah penyumbatan aliran darah pada kepala yang diketahui sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke.

artikel terkait: manfaat genjer

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat yang ada di dalam brokoli sangat baik untuk ibu hamil. Ibu hamil yang sering meminum jus brokoli dapat membantu menjaga kesehatan buah hati sejak di dalma kandungan.

  1. Mencegah Sembelit

Mengalami sembelit dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena sulitnya kotoran keluar dari tubuh. Mengkonsumsi sayuran tinggi serat seperti meminumjus brokoli dapat menjadi salah satu solusi mengatasi sembelit dengan cepat,karena dengan olahan jus brokoli, penyerapan serat menjadi lebih cepat sehingga dapat mempercepat mengatasi sembelit.

artikel terkait: manfaat bayam rebus

  1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Serat dalam brokoli akan lebih mudah diserap tubuh ketika dikonsumsi sebagai jus brokoli. Meminum jus brokoli secara rutin dapat membantu mengatasi beberapa masalah gangguang pencernaan.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Meminum jus brokoli dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Hal ini disebabkan karena kandungan asam amino di dalam brokoli dapat dengan mudah mengalir ke otak, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

artikel terkait: manfaat kubis

  1. Melenturkan Otot

Kelenturan otot perlu dijaga agar otot tidak tegang. Meminum jus brokoli secara rutin, dapat membantu meningkatkan pH yang terlalu asam dalam tubuh, yang akan berdampak juga pada kelenturan otot.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Meminum jus brokoli secara rutin dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan di dalam brokoli dapat membantu melindungi mata dari beberapa gangguan mata termasuk mengurangi risiko terkena katarak.

artikel terkait: manfaat terubus

  1. Menghambat Perkembangan Sel Tumor

Tidak hanya kanker, mengkonsumsi jus brokoli sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk melindungi tubuh agar tubuh terhindar dari perkembangan sel tumor. Sulforaphone dalam brokoli dapat membantu memperlambat sel tumor dan membunuh sel tumor dari dalam tubuh.

  1. Menghilangkan Zat Karsinogenik

Kandungan di dalam brokoli yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh yakni zat sulforaphone. Salah satu manfaat sulforaphone yakni menghilangkan zat karsinogenik dari dalam tubuh. Dengan mengolah brokoli menjadi jus, nutrisi di dalam brokoli akan mudah diserap tubuh dan menaikkan enzim detoksifikasi  di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sayuran kering

  1. Menurunkan Alergi Pada Balita

Jus brokoli sangat cocok untuk balita, karena bentuknya yang lembut dan mudah dicerna oleh balita. Selain itu, kandungan dalam jus brokoli yakni kaeferol dan juga isothiecyanates dapat membantu menurunkan gejala alergi yang sering terjadi pada balita.

  1. Menurunkan Berat Badan

Membuat jus brokoli dapat divariasikan dengan jenis buah lain, selain mengenyangkan jus brokoli dengan beberapa campuran buah dan sayur lain juga dapat mudah diserap oleh tubuh. Kandungan kalori yang rendah dalam jus brokoli serta beberapa jenis sayur dan buah campurannya dapat membantu menurunkan badan. Sehingga, tubuh dapat terhindar dari obesitas.

artikel terkait: manfaat komatsuna merah

  1. Menjaga Kebutuhan Gizi Tubuh

Banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam brokoli membuat jenis sayuran hijau pekat ini baik untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Mengkonsumsi jus brokoli dapat membantu menyeimbangkan kebutuhan gizi oleh tubuh.

  1. Menjaga Kesehtan Kulit

Dengan mengkonsumsi brokoli dalam bentuk jus, nutrisi yang terkandung di dalam brokoli tidak akan berkurang karena dipanaskan seperti ketika dimasak menjadi sayur. Kandungan vitamin C dan E yang tetap terjaga dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan tidak kusam.

artikel terkait: manfaat terong putih

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan kalsium di dalam jus brokoli tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Adalagi manfaat kalsium di dalam jus brokoli yakni untuk menyehatkan gigi. Kesehatan gigi terjaga dengan gigi yang kuat dan tidak berlubang.

Selain 20 manfaat meminum jus brokoli seperti yang telah disebutkan, adalagi beberapa manfaat jus brokoli untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Mengurangi depresi yang berlebihan
  2. Meningkatkan imunitas
  3. Menjaga kesehatan sistem syaraf
  4. Mencegah penyakit alzheimer
  5. Mengurangi peradangan
  6. Sebagai salah satu obat asma
  7. Mencegah masuknya radikal bebas

artikel terkait: manfaat romanesco

Brokoli sangat mudah di dapatkan di pasaran. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi brokoli secara rutin dengan menjadikannya jus brokoli karena manfaatnya yang begitu banyak untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Advertisements