SUKABUMI (Pos Kota) – Harga bahan-bahan pokok di Sukabumi, Jawa Barat, diawasi Satuan Petugas (Satgas) Pangan. Pengawasan ini untuk menjaga stabilitas harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Dari hasil pemantaun ke sejumlah pasar, Selasa (12/12/2017), beberapa barang mengalami kenaikan harga, Namun masih dalam batas kewajaran.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo, menyebutkan pemantauan harga bahan pokok ini merupakan perintah dari Kapolri yang bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan instansi lain serta arahan Kapolda Jawa Barat.

Advertisements

daging

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo saat memantau harga di pasar

Menurutnya, jika ada kenaikan harga signifikan ia akan menyelidikinya. Dalam hal ini, menggandeng aparat Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Bulog dan lembaga lainnya.

“Termasuk jalur distribusi bahan pokok kami awasi. Ini merupakan langkah deteksi dini menjaga stabilitas harga,” ujarnya.

Kenaikan harga sayuran di antaranya terjadi pada penjualan tomat yang semula Rp5 ribu per kg naik menjadi Rp10 ribu, harga cabai rawit dari Rp18 ribu jadi Rp20 ribu, cabai merah berkisar antara Rp24 ribu dan Rp25 ribu, bawang merah maupun putih per kilogram sekitar Rp20 ribu.

Pedagang daging sapi, Jajang (45), menuturkan harga dangannya masih tetap Rp110 ribu per kg. “Belum ada kenaikan permintaan jelang Natal dan Tahun Baru. Harga juga masih normal,” katanya. (sule/yp)

Advertisements