DEPOK (Pos Kota) – Kebutuhan harga sembako dan sayuran menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2018 mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Kota Depok. Kenaikkan bervariasi mulai dari Rp 5000 hingga Rp 10 ribu/Kg.

“Hari Raya Natal dan tahun baru memang tinggal beberapa hari lagi tapi harga kebutuhan pokok dan sayuran sudah terasa ada kenaikkan,” ujar Ny. Tini, warga Tapos, Depok, Jawa Barat.

Kenaikkan harga terjadi antara lain di cabai hijau dari sebelumnya Rp 40 ribu/Kg kini sudah mencapai Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu/Kg, cabai keriting dari sebelumnya Rp 40 ribu kini mencapai Rp 50 ribu/Kg, Bawang merah dari Rp 45 ribu belakangan menjadi Rp 48 ribu/Kg, daging ayam dari Rp 35 ribu menjadi Rp 45 ribu/Kg dan telur ayam dari Rp 20 ribu kini menjadi Rp 25 ribu/Kg.

Advertisements

Sementara itu, Ny. Ubai, pedagang sayuran di Pasar Sukatani, mengatakan kenaikkan sejumlah kebutuhan pokok dan sayuran di beberapa pasar memang sudah terjadi sejak seminggu lalu alasanya hampir sama karena pengiriman terlambat serta lainnya. “Kenaikkan selain stok pengiriman sedikit juga harga beli sudah pada naik dari distributor di pasar induk,” tuturnya.

Sayuran yang naik antara lain cabai, bawang dan tomat kenaikkan sekitar 40 persen, tuturnya yang menambahkan cabai rawit hijau dari sebelumnya hanya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 45 ribu/Kg, cabai merah dari sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu/Kg. “Untuk bawang merah dan tomat rata-rata naik sekitar Rp 1000 hingga Rp 2 ribu/Kg dan untuk sayur mayur kenaikan hanya Rp 500 hingga Rp 1000/Kg,” ujarnya.

Walikota Depok Muhammad Idris, saat mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Sukatani, Tapos, mengatakan kenaikkan harga kebutuhan pokok dan sayur mayur menjelang Natal dan tahun baru 2018 masih wajar akibat pasokan terlambat sampai ke pedagang di pasar dari pasar induk. “Masih relatif wajar kenaikkan harga kebutuhan tapi pihaknya memang tetap terus memantau perkembangan serta situasi mendekati Natal dan tahun baru 2018 mendatang,” ujarnya.

(anton/sir)

Advertisements