JAKARTA –  Makanan khas Bandung yang banyak disukai pecinta kuliner, salah satunya adalah seblak. Beberapa waktu lalu, seblak sempat booming dan ramai diincar oleh para pecinta kuliner. Salah satu seblak yang cukup tersohor adalah Seblak Jeletet Pademangan 4.

Di tempat ini, pembeli bisa memilih level kepedasan seblak sesuai selera. Mulai dari level 0 sampai level 5 yang terpedas. Isi seblaknya pun macam-macam, ada tulang, ceker, kerupuk, mie, kwetiau, bakso, makaroni dan lainnya. Harga seporsi seblak di sini pun variatif, tergantung dengan isi dan topping seblak yang dipilih, harganya berkisar antara Rp. 4000 – Rp. 8.000 per topping.

Ketika tim poskotanews.com mendatangi tempat makan ini, terlihat masih sangat sepi. Mungkin karena saat itu masih pukul 12.30 WIB siang dan seblak jeletet sendiri baru buku pukul 12.00 WIB, sehingga belum ada pengunjung yang datang.

Advertisements

Saya pun mencoba seblak jeletet level 2 dengan isian ceker, kerupuk, bakso dan topping chikuwa. Untuk mendapatkan seporsi seblak yang terkenal kepedasannya ini, saya harus menunggu sekitar 15 menit lamanya. Begitu seblak disajikan, warna merah kuahnya terlihat begitu menggoda.

Pertama mencicipi kuah dari seblak ini, ada rasa daun jeruk yang cukup terasa dan tidak terlalu pedas. Namun begitu kuah kemerahan ini kembali meyapu lidah, rasa pedas dan panas mulai bercampur menjadi satu. Semakin lama, rasa pedas mulai terasa kian kuat di lidah. Tetapi meski begitu, pedas kuah seblak ini justru menjadi candu tersendiri, yang membuat saya ingin terus menyeruput hingga habis.

Ceker, kerupuk, dan bakso yang menjadi isian dari seblak ini pun tidak hambar. Meski tidak dimakan bersamaan dengan kuahnya, tapi rasa gurih dan pedas cabai masih terasa. Jajanan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin dan turun hujan.

Bagi para pecinta pedas, rasanya seblak jeletet ini bisa menjadi menu favorit saat ‘ngidam’ kuliner pedas. Seblak jeletet pademangan 4 ini berlokasi di Jalan Mangga Besar 1 No. 10, Jakarta Barat. Namun selain di sini, ada pula di empat tempat lainnya. (Cw2/tri)

Advertisements