DEPOK  – Mendekti bulan puasa sejumlah harga kebutuhan pokok dan lainnya di paasar tradisional Kota Depok mulai merangkak naik berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per kg dari harga sebelumnya. Komoditas yang naik antara lain cabe rawit, bawang merah, telur dan daging.

“Naiknya harga kebutuhan sembako dan sayuran menjelang bulan puasa ini sudah sangat terasa bahkan seperti saling balap balapan,” ujar Ny. Lasmin, warga Perumnas Depok Satu, Kel. Depok Jaya, Kamis (10/5) saat ingin berbelanja kebutuhan rumah tangga di Pasar Depok Jaya.

Menurut dia, kenaikkan yang paling teras di komditas ayam, telur dan daging dengan nilai bervariasi mulai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu/Kg dari harga sebelumnya di bulan April 2018 lalu.

Advertisements

Contohnya harga daging bulan April 2018 sekitar Rp 97 ribu/Kg dan bulan Mei 2018  menjadi Rp 100 ribu/Kg hingga Rp 110 ribu/Kg. Kenaikkan harga kebutuhan sembako dan sayur mayur memang hal biasa menjelang bulan puasa tapi harus terus diawasi agar masyarkat tidak kesulitan mendapatkannya.

Hal senada dikatakan, Dudung, pedagang telur, mengaku ada kenaikkan harga telur sekitar Rp 5 ribu/Kg dari sebelumnya Rp 19 ribu/Kg menjadi Rp 23 ribu hingga Rp 25 ribu/Kg dan untuk daging ayam boiler masih bertahan sekitar Rp 36 ribu hingga Rp 38 ribu/Kg hanya untuk daging saja yang cukup tinggi naiknya dari Rp 90 ribu/Kg kini sudah mencapai Rp 110 ribu/Kg.

Masih Stabil

Untuk harga kebutuhsan sayur mayur dan bumbu dapur kenaikkan cukup tinggi seperti cabai rawit merah Rp60 ribu/Kg dari harga Rp 45 ribu/Kg, Bawang merah Rp 32 ribu/Kg menjadi Rp 40 ribu/Kg serta sejumlah sayur mayur rata-rata kenaikkan sebesar Rp 2000/Kg seperti sawi, timun, kol, wortel dan lainnya.

Sementara itu, Kasi Perindustrian dan Perdagangan Dalam Negeri Disdagin Kota Depok, Epi Ardini, menbatakan kenaikkan sejumlah kebutuhan pokok dan sembako menjelang bulan puasa masih stabil dan belum ada kenaikkan yang terlalu tinggi. ”Karena tren harga dalam satu minggu  naik turun,” tuturnya.

Ditambahkan Epi Ardini, mengenai stok bahan pokok masyarakat Depok jangan khawatir, sebab selama Ramadan kebutuhan stabil dan aman. Bahkan, menjelang Idul Fitri tahun ini nanti Disdagin bekerjasama dengan Bulog dan Disperindag Jawa Barat mengelar pasar murah. (M12/anton/win)

Advertisements