DEPOK – Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok dan sayur mayur menjelang Lebaran di pasar tradisional Kota Depok terus merangkak naik. Di antaranya harga cabai rawit merah, ayam potong, bawang putih dan lainnya. Kenaikkan kemungkinan akan terus terjadi hingga menjelang Lebaran.

“Hampir semua kebutuhan pokok harganya naik mungkin karena menjelang Lebaran, tapi yang belanja juga sepi kan sebagian mudik,” kata Ny. Tuti, warga Depok Satu, Minggu (10/6/2018) yang mengaku terpaksa berbelanja sekarang untuk persiapan menjelang Lebaran.

Terpaksa membeli sekarang, tuturnya, karena takut dua atau tiga hari menjelang Lebaran harga kembali naik seperti cabai rawit merah dari sebelumnya hanya Rp25 ribu atau Rp30 ribu per kg kini sudah Rp40 ribu per kg dan cabai merah kriting dari sebelumnya hanya Rp25 ribu per kg sekarang Rp35 ribu per kg.

Advertisements

(Baca: Temuan Pemkot Jaktim, Harga Ayam Masih Fluktuatif)

Senada dengannya, Ny. Asmuni, warga Pancoran Mas, mengatakan harga bawang merah juga ikutan naik dari sebelumnya hanya Rp20 ribu per kg sekarang sudah Rp30 ribu per kg, bawang putih dari Rp25 ribu per kg sekarang Rp37 ribu per kg hingga Rp40 ribu per kg.

Belum lagi harga bawang Bombay dari sebelumnya hanya Rp10 ribu sekarang mencapai Rp18 ribu, tuturnya termasuk harga ayam potong ukuran besar dari sebelumnya hanya Rp35 ribu per ekor kini mencapai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per ekor, untuk ukuran kecil dari Rp25 ribu per ekor sekarang Rp35 ribu per ekor.

(Baca: Harga Sembako di Bekasi Aman Kecuali Daging)

Nardi, pedagang sayuran di Pasar kemiri Muka, mengatakan untuk sayuran seperti wotel, kangkung, buncis, kacang panjang dan lainnya kenaikkan hanya sekitar Rp5.000 per kg. “Enggak terlalu tinggi karena stok cukup banyak dari sekarang sampai menjelang Lebaran nanti,” ujarnya. (m12/anton/ys)

Advertisements