JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, memastikan kaum ibu bisa menyajikan masakan sop ayam, rendang dan semur daging sapi saat Lebaran nanti. Hal itu karena harga daging sapi dan ayam dipastikan tidak akan naik dan stok aman.

Setelah sidak ke Pasar Senen, Jakarta Pusat dan PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timurm Sandi bisa memonitor langsung stok daging dan harga kebutuhan pokok di tingkat pedagang. Diketahui hampir semua harga kebutuhan pokok dalam posisi stabil.

“Yang perlu kita garisbawahi bahwa harga bahan pokok alhamdulillah stabil. Stabil pasokan cukup. Kita lihat sendiri sapinya cukup, ayamnya cukup. Dan tidak ada sebab untuk harga itu meningkat tajam. Karena distribusinya juga terpantau lancar,” kata Sandiaga di PD. Dharma Jaya, Senin (11/6/2018).

Advertisements

Secara umum, lanjut Sandiaga, harga kebutuhan pokok di Pasar Senen akan stabil hingga menuju H-2. Bahkan, dia mengklaim beberapa komoditi mengalami penurunan harga salah satunya telur ayam.

Kendati demikian, dia juga membenarkan sebagian bahan pangan seperti cabai dan bawang ada kenaikan harga tapi masih dalam angka wajar, diantara 5 sampai 10 persen.

“Alhamdulillah terpantau harga-harga stabil, ada beberapa komoditas yang perlu perhatian khusus seperti cabai khususnya cabe keriting, cabe merah kriting, dan juga tadi daging ayam yang sedikit naik harganya, kita harapkan dalam beberapa hari kedepan jelang Lebaran bisa ditambah suplainya, distribusinya diperlancar, kita ingin harga-harga stabil,” kata Sandiaga.

Kenaikan harga sendiri terjadi karena ulah para pedagang yang memanfaatkan tingginya kebutuhan masyarakat saat momen Ramadhan dan Idul Fitri. Mereka mencari keuntungan dengan istilah ‘setahun sekali’.

“Nah ini yang kita ingin ubah perilaku dari pedagang dan pembeli juga bahwa dengan suplai cukup distribusi lancar terbuka berkeadilan, kita mestinya tidak mengalami fluktuasi harga di jelang lebaran,” ucap dia.

Harga daging ayam dipasar saat ini masih sesuai Harga eceran tertinggi (HET) Rp 33 ribu per kilo, bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar Rp 8 ribu dan masih banyak stok di 120 titik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan di 84 titik Pasar Jaya. “Stok ayam ada 65 ton, kebutuhannya per hari 13 ton. Berarti lebaran akan aman stok untuk lima hari jangan khawatir. Dan kiriman terus masuk,” beber Sandi.

Daging beku Rp 85 ribu untuk pemegang KJP Rp 35 ribu dan untuk subsidi Rp 50 ribu. Di PD. Dharma Jaya sendiri masyarakat bisa mendapatkan daging kualitas terbaik dengan harga normal yang akan di buka sampai Rabu (13/6/2018).

“Ibu-ibu jangan khawatir insya Allah bisa menyajikan rendang, semur, dagingnya ada di sini, sambel goreng ati, sop ayam goreng dan selamat berhari raya. Tuntaskan ibadah puasa, selamat merayakan lebaran,” tandas Sandiaga. (yendhi/yp)

Advertisements