BEKASI – H+3 Lebaran, harga sembako di Pasar Baru Kota Bekasi, berangsur turun. Penurunan tersebut hampir terjadi pada pasokan pangan yang tiga hari sebelum Lebaran merangkak naik.

Pemantauan Poskotanews.com, penurunan harga hanya sekitar 10 hingga 20 persen. Untuk harga ayam broiler turun Rp4 ribu per ekor dengan berat timbangan ayam 800 gram menjadi Rp34 ribu. Harga daging sapi juga mengalami penurunan Rp10 ribu per kg, saat ini sudah dapat Rp120 ribu per kg.

“Sekarang sudah mulai turun tapi gak banyak. Kemarin Lebaran saya jual ayam Rp70 ribu perekor berat 1,4 kg. Sekarang sudah Rp55 ribu per ekor,” kata Yuni,  pedagang ayam.

Advertisements

(Baca: Jelang Lebaran, Kata Pejabat Ini Harga Sembako Turun-Naik)

Hal sama juga terjadi pada harga sayuran terutama harga cabai turun hingga Rp20 ribu per kg. Harga cabai rawit merah turun Rp20 ribu menjadi Rp50 ribu per kg. Sebelumnya sempat tembus Rp70 ribu per kg pada hari H. Cabai merah keriting juga turun Rp15 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kg.

“Saya habis dari Brebes metiki cabai. Sudah turun ini. Persediaan sudah mulai banyak dari sana,” kata Johan, pedagang sayuran di Pasar Baru, Selasa (19/6/2018).

(Baca: Jokowi Bagi-bagi Sembako dan Sarung di Pasar Cibinong)

Sayuran lainnya juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Seperti bawang merah simanalagi turun menjadi Rp5 ribuper kg menjadi Rp35 ribu per kg. Kentang Dieng turun Rp1000 jadi Rp14 ribu per kg, buncis turun Rp3 ribu menjadi Rp10 ribu per kg, tomat, ketimun dan wortel turun Rp2 ribu menjadi Rp8 ribu per kg dan brokoli turun Rp10 ribu per kg menjadi Rp15 ribu per kg.

“Sudah turun sih harga sayuran terutama cabai dan bawang. Tapi ya tetap mahal juga lah. Sebelum puasa bawang merah dapat Rp30 ribu bahkan Rp25 ribu. Cabai merah juga gitu bisa Rp30 ribu per kg. Ya mudah-mudah harganya bisa kembali ke normal lagi seperti sebelum puasa,” kata Intan, warga Bekasi saat membeli. (lina/ys)

Advertisements