JAKARTA – Presiden Jokowi memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Tradisional Sidoharjo di Kecamatan Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11/2018).

Hasil peninjauan itu, Jokowi sebut harga cabai turun dari Rp30 ribu per kilogram turun menjadi Rp17 ribu per kilogram.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi didampingi Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo. “Biasa, kalau ke pasar itu yang paling penting ngecek harga-harga. Waktu saya ke Pasar Bogor cabai masih di atas Rp30 ribu, ini tadi saya beli sudah Rp17 ribu,” kata Jokowi.

Advertisements

Di tengah suasana pasar yang cenderung ramai, Jokowi menanyakan langsung harga sejumlah bahan pokok kepada pedagang seperti harga kacang, beras, hingga cabai.

Selain itu, Jokowi juga membeli beberapa bahan pangan di antaranya cabai, kacang tanah, beras, krupuk, sawo, juga babat.

Sambil menyusuri area pasar, Presiden juga tampak sibuk meladeni permintaan jabat tangan dan permintaan swafoto dari warga yang kebetulan juga berada di pasar.

Menurutnya, pemerintah selalu berupaya untuk menjaga keseimbangan harga komoditas pada posisi yang seimbang. Dengan itu, petani dan konsumen sama-sama mendapatkan hak mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Iriana juga tampak berbelanja di sejumlah kios berbeda. Ia terlihat memborong puluhan butir telur asin di salah satu kios yang dikunjunginya.(johara/b)

Advertisements