SERANG – Tim Satgas Pangan Polres Serang bersama Bulog Sub Divre Serang dan Dinas Perindagkop Kabupaten Serang, Sabtu (1/12/2018), menggelar operasi pasar dengan mendistribusikan 3 ton beras medium ke sejumlah pedagang di Pasar Ciruas.

Operasi pasar beras medium dilakukan dalam upaya menjaga ketersedian serta stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 di Kabupaten Serang.

“Kegiatan operasi pasar beras medium ini merupakan tindak lanjut dari surat Menteri Perdagangan RI dan hasil rapat kerja dengan Direskrimsus Polda Banten tentang menjaga stabilitas harga sembako khususnya harga beras medium, menjelang Natal dan tahun baru di wilkum Polda Banten,” ungkap Kanit Pidana Khusus Satreskrim Polres Serang Iptu Samsul Fuad, Minggu (2/12/2018).

Advertisements

Dikatakan Samsul, operasi pasar beras medium ini digelar atas kerja sama Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Serang dan Dinas Perindagkop Kabupaten Serang. Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan bahan makanan pokok jelang Natal dan tahun baru.

“Operasi pasar beras medium ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru serta untuk menjaga stabilitas harga agar tidak melonjak tinggi,” kata Kanit.

Iptu Samsul menambahkan gerakan stabilisasi pangan ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh kesetiap pedagang mitra Bulog disetiap pasar tradisional di Kabupaten Serang. Para pedagang diwajibkan menjual beras premium dengan harga yang telah ditentukan pemerintah dengan harga HET Rp.9.450,-/kg.

“Kami berpesan kepada seluruh pedagang yang dilibatkan dalam pelaksanaan gerakan stabilitas pangan ini agar melaksanakan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Samsul menambahkan, tim satgas pangan akan terus mamantau ketersediaan ataupun stabilitas barang kebutuhan pokok (sembako). Oleh karena itu, kata dia, distribusi sembako tidak hanya pada beras medium tapi juga sembako lainnya seperti telur, minyak goreng, daging sapi dan ayam, tepung terigu, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai, dan lain-lain.

“Saat ini yang kami distribusikan baru beras medium, namun ke depan sembako lainnya juga akan pantau dan didistribusikan,” tambahnya. (haryono/mb)

 

Advertisements