Halo sahabat Daunku.com . . . Saat ini banyak sekali yang menjual bibit anggur secara online. Ada varietas anggur lokal, ada pula varietas import. Harganya jelas beda. Anggur lokal hanya puluhan ribu, sedangkan yang import mencapai ratusan ribu. Pertanyaannya sekar" />

< readability="187.82792665726">

Halo sahabat Daunku.com . . .

Saat ini banyak sekali yang menjual bibit anggur secara online. Ada varietas anggur lokal, ada pula varietas import.

Harganya jelas beda. Anggur lokal hanya puluhan ribu, sedangkan yang import mencapai ratusan ribu.

Pertanyaannya sekarang…

Varietas mana yang akan kita pilih?

Dalam kesempatan ini, saya akan coba menjawabnya. Mari kita mulai!

 

 

“ANGGUR LOKAL VS ANGGUR IMPORT”


 

FAKTANYA:

  • Mayoritas penghobi akan memilih varietas anggur yang buahnya Manis dan Besar.
  • Serta lebih tertarik pada varietas yang perawatannya Mudah dan Cepat Berbuah.

 

Apakah anda setuju dengan pernyataan saya di atas!?

Kalo iya, mari kita lanjut . . .

 

Pertama…

Sayang ingin bertanya satu hal:

Apakah anda tahu persis definisi “Anggur Lokal” dan “Anggur Import”?

Padahal faktanya, tidak ada satupun jenis anggur yang ASLI dari Indonesia!

 

Tahukah anda…

Semua varietas anggur di negeri kita adalah hasil introduksi / import dari negara lain yang memiliki 4 musim (semi, panas, gugur, dingin) seperti Jepang, Rusia, Amerika, dan seterusnya.  Sumber: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/category/anggur

Jadi, seluruh varietas anggur yang ada di tanah air kita adalah tanaman hasil import, tidak ada satu pun yang asli Indonesia!

Singkat kata…

Seharusnya tidak ada istilah anggur lokal, karena semuanya hasil import!

 

Anda mungkin bertanya…

“Lalu, mengapa ada istilah Anggur Lokal dan Import?”

Untuk masalah ini anda bisa membaca sejarahnya di sini: 

Mengenal Anggur (bukan) Asli Indonesia (Bag ke-1)

Atau jika tidak sempat, berikut penjelasan singkat dari saya:

 

Sebelumnya, ada puluhan varietas anggur yang telah tersebar luas di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Seluruh varietas tersebut dibawa masuk oleh kalangan tertentu sejak zaman Hindia Belanda dan sebagian besar masih ada hingga sekarang.

Saat ini varietas-varietas tersebut masih terus dikaji dan dikembangkan oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) di Probolinggo, Jawa Timur.

Berikut ini daftar varietas anggur yang tersisa di kebun percobaan Balitjestro:

Daftar Varietas Anggur Balitjestro

Singkat cerita…

Setelah tahun 2005 ke sini, banyak kolektor anggur Indonesia yang mengimport varietas baru dari berbagai negara seperti Rusia, Ukraina, Amerika, Jepang dan lain-lain. Mereka membeli dari toko online internasional maupun dari teman atau kenalan yang berkecimpung di perkebunan anggur di luar negeri.

Sampai tahun 2018 ini, lebih dari 50 varietas baru berhasil di masukkan ke Indonesia. Seharusnya lebih dari itu, tetapi banyak yang gagal karena masalah izin di Bea Cukai (disita pihak berwenang).

Kemudian…

Para kolektor berinisiatif membedakan antara varietas baru tersebut dengan varietas anggur yang sudah lama berkembang di Indonesia dengan istilah Anggur Import dan Anggur Lokal, agar memudahkan dalam identifikasi varietas.

Sebab, varietas baru atau import masih dalam proses eksperimen, untuk menemukan varietas mana saja yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di negara kita.

Hasilnya…

Sekarang telah didapatkan lebih dari 30 varietas anggur import yang teruji tumbuh dan berbuah sangat baik sebagaimana varietas lokal. Saya akan sebutkan daftarnya pada bagian akhir artikel ini.

 

Bisa jadi anda juga bertanya:

“Mengapa bibit anggur import sangat mahal?”

Menurut saya ada 2 alasan sebagai berikut.

 

Pertama, karena alasan TREND!

Bukan rahasia umum lagi bahwa masyarakat Indonesia bersikap terlalu ‘berlebihan’ terhadap segala produk yang berbau import.

Hampir semua produk yang dilabeli kata ‘import’ memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan produk buatan lokal.

 

Kedua, karena produksinya yang sangat TERBATAS!

Sampai saat ini hanya belasan kolektor anggur dari seluruh Indonesia yang memproduksi bibit anggur import di kebun mereka.

Sementara masing-masing mereka hanya mampu produksi dalam jumlah sedikit, karena keterbatasan sumber daya seperti entres pohon induk, rootstock, tenaga kerja, luas lahan dan lain sebagainya.

Sedangkan permintaan di pasaran sangat tinggi. Alhasil harganya pun terdongkrak naik hingga ratusan ribu.

Di kebun kami sendiri, setiap bulan menerima pesanan bibit anggur import hingga ratusan batang dari berbagai kota se-Indonesia.

 

Oke…

Sampai di sini anda sudah paham 3 poin utama di atas:

  1. Apa definisi anggur lokal dan import…
  2. Mengapa ada 2 istilah tersebut…
  3. Penyebab bibit anggur import sangat mahal…

 

Sekarang saya akan jawab pertanyaan di awal tadi:

“Manakah yang terbaik antara anggur lokal dan import?”

Saya pribadi akan menjawab, “Keduanya sama-sama bagus, asalkan buahnya manis dan besar, perawatan mudah dan cepat berbuah!”

Karena…

Tidak semua varietas anggur import memiliki karakter di atas, begitupun anggur lokal.

Jadi yang saya gunakan sebagai tolok ukur bukanlah pada soal import atau lokalnya, tapi lebih kepada kualitas buah dan kemudahan perawatan.

Bagaimana dengan anda?

 

 

“DAFTAR VARIETAS ANGGUR LOKAL & IMPORT UNGGULAN


 

1. Anggur Lokal

Kementerian Pertanian Indonesia telah lama menerbitkan kelompok varietas anggur lokal yang terbukti unggul dan layak dikebunkan skala komersial. Dari 40-an varietas yang diteliti oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), hanya 9 varietas saja yang dinyatakan unggul. Jika anda ingin menanam anggur lokal, pastikan varietasnya masuk dalam daftar berikut:

9 Varietas Anggur Unggulan

  1. Kediri Kuning (Yellow / Green Belgie)
  2. Bali (Alfonso Lavallee)
  3. Probolinggo Biru 81
  4. Jestro Ag5 (Isabella)
  5. Jestro Ag45 (Caroline Black Rose)
  6. Jestro Ag86
  7. Jestro Ag60 (Maroo Seedless)
  8. Prabu Bestari (Red Prince)
  9. Probolinggo Super (Cardinal)

 

Berikut contoh anggur lokal varietas Caroline Black Rose milik #WIE:

Anggur Caroline Black Rose 6

 

2. Anggur Import

Sangat banyak varietas anggur import yang masuk ke Indonesia dan dikembangkan para kolektor. Namun tidak semuanya tumbuh dan berbuah baik di negara kita. Berikut daftar varietas import yang sudah teruji tumbuh dan berbuah optimal dan siap dikembangkan:

  1. Akademik Avidzba
  2. Beauty
  3. Black Panther
  4. Crimson Seedless
  5. Dubovsky Pink
  6. Favor
  7. Galahad
  8. Giovanni
  9. Harold
  10. Julian
  11. Jupiter Seedless
  12. Landysh / Lily of The Valley
  13. Livia
  14. Manicure Finger
  15. Ninel
  16. Nizina
  17. Original
  18. Podarok Irine
  19. Queen Nina
  20. Red Globe (asal Amerika)
  21. Rizamat
  22. Romeo
  23. Sensation
  24. Souvenir
  25. Transfiguration
  26. Wink
  27. Xenia Angelica
  28. dan masih banyak lagi…

 

Berikut ini contoh foto anggur import varietas Rizamat milik #PGAV_GARDEN:

 

Tags: artikel budidaya anggur, budidaya anggur dari biji, budidaya anggur di dataran rendah, budidaya anggur pdf, contoh budidaya anggur, makalah budidaya anggur, pembibitan anggur, penyakit tanaman anggur
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Bagaimana perasaan anda, ketika pohon anggur anda berbuah lebat, namun tiba-tiba banyak berry yang mengkerut/keriput seperti foto di atas? Itu adalah foto milik Bpk. Kalvin Tan yang menanyakan masalah tersebut di grup facebook saya: Komunitas Berkebun Daunku.com (klik jika anda ingin ikut bergabung). Merujuk publikasi UC Agriculture & Natural Resources tanggal 15 Juli 2010 dari […]

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas cara menanam anggur dalam pot mulai dari persiapan pra-tanam hingga perlakuan pasca-tanam. Jika anda belum membacanya, silahkan kunjungi artikel tersebut di sini: Panduan Menanam Tabulampot Anggur Untuk Pemula Sekarang mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu teknis merawat tabulampot anggur agar tumbuh subur, sehat dan cepat berbuah. Saya akan […]

Artikel ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya di sini: Cara Merawat Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Sehat & Cepat Berbuah Anggur merupakan tanaman buah yang berasal dari Benua Amerika dan Eropa yang memiliki 4 musim dalam setahun; musim gugur, dingin, semi dan panas. Tidak seperti Indonesia yang hanya mengalami 2 musim, yaitu musim hujan dan […]

Sejak saya menerima konsultasi seputar menanam anggur dari pembaca Daunku.com, mulai tahun 2014 sampai hari ini, saya dapati tidak kurang dari 70% kasus tanaman anggur mati di usia muda adalah akibat kesalahan teknis penyiraman. Sedangkan 30% sisanya disebabkan karena faktor lain seperti overdosis pupuk, serangan hama & penyakit, keracunan pupuk kandang yang belum difermentasi sempurna, […]

Ada sebagian penghobi yang mendapati pohon anggurnya tumbuh dengan batang berbentuk pipih atau gepeng. Termasuk saya sendiri. Bisa jadi, anda pun demikian. Saya penasaran apakah kondisi tersebut normal atau tidak. Akhirnya tahun lalu saya mencari di Google referensi yang membahas perihal tersebut. Tidak butuh waktu lama, saya mendapatkan beberapa sumber yang cukup kredibel. Ternyata, kondisi […]