Antara kacang dan polong-polongan, keduanya berbeda. Akan teteapi ada kacang yang ternyata termasuk ke dalam jenis polong-polongan. Polong-polongan ini sendiri merupakan bagian dari keluarga tanaman biji-bijian yang berbentuk bulat atau agak popoh yang berbeda di dalam kelopak lunak atau agak keras.

Dalam satu kelopak, biasanya terdapat beberapa biji. Polong-polongan dikonsumsi bagian bijinya, namun ada juga beberapa jenis polong-polongan ini yang bagian kulitnya lunak, sehingga dapat juga dikonsumsi. Polong-polongan ini sendiri berfungsi sebagai salah satu sumber protein dan karbohidrat yang berkhasiat bagi tubuh, karena memberikan energi sepanjang hari dengan kadar gula konstan. Sehingga polong-polongan dapat menggantikan peran gizi dari daging.

Advertisements

Beberapa Jenis Kacang yang Termasuk Polong-polongan

1. Kacang kedelai

Kacang kedelai termasuk ke dalam polong-polongan yang mengandung protein nabati paling tinggi. kedelai ini menjadi bahan baku pembuatan tahu, tempe, kecap, tauco, susu dan minyak. Kedelai memiliki aroma yang khas saat diolah, untuk mengurangi aromanya tersebut, rebus kedelai dengan jahe atau daun pandan.

2. Kacang kapri

Kacang ini biasanya dioleh dengan cara ditumis. Kacang kapri termasuk jenis polong-polongan yang memiliki kulit lunak, sehingga dapat dikonsumsi secar langsung. Kacang kapri ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Di parasan ada 2 jenis kacang kapri, yakni : kacang kapri berbiji bulat (disebut juga dengan kacang kapri manis) dan kacang kapri berbiji pipih.

3. Kacang lentil

Kacang ini banyak dikonsumsi di India, Timur Tengah, Maroko, dan turki. Bentuknya bulat, kecil, dan pipih. Ada 3 jenis lentil, yaitu lentil kuning, hijau dan merah. Rasanya lembut dan gurih. Biasanya digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, campuran kebab, perkedel dan nasi. Sebelum diolah, rendamlah dulu kacang lentil dalam air dingin kemudian rebus hingga empuk. Kacang ini kaya akan kandungan karbohidrat, serat, protein, zat besi, dan mineral. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, lentil mampu menjadi hidangan tepat bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

4. Kacang buncis

Buncis ini adalah polong-polongan yang dapat dimakan. Biji, buah dan daunnya bermanfaat sebagai sayuran. Buncis kaya akan protein dan vitamin. Buncis ini memiliki tekstur yang renyah dan lembuh, sehingga sangat pas untuk diolah dengan cara ditumis. Pilihlah buncis muda, cirinya adalah buncis memiliki ukuran yang lebih kecil dan teksturnya masih keras.

5. Kacang panjang

Mungkin tidak jauh berbeda dengan buncis, namun kacang panjang memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih keras. Kacang panjang ini biasanya disantap sebagai lalapan atau dimasak sebagai sayur.

6. Kacang polong

Kacang polong yang dimakan bijinya. Berwarna hijau dan mengandung banyak serat dan vitamin. Umumnya, kacang polong ini diolah menjadi camilan atau ditambahkan ke dalam nasi goreng, aneka sup, serta tumisan.

7. Kacang hijau

Kacang hijau banyak tumbuh dia daerah tropis, kacang hijau ini mampu mencegah anemia dan membantu pertumbuhan serta pembentukan sel-sel tubuh. Sebelum diolah, rendam terlebih dahulu kacang hijau dalam air dingin selama minimal 2 jam, agar ketika diolah kacang hijau cepat empuk.

8. Kacang merah

Tahukah Anda bahwa kacang merah ini sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan diet atau mengontrol berat badan? Hal ini akrena kacang merah mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kacang merah kering maupun basah, banyak digunakan di dalam aneka kuliner nusantara, diantaranya dalam pembuatan sup, bahan isian kue, selai, sampai racikan es campur.

9. Kacang Bogor

Disebut kacang Bogor karena banyak dijajakan sebagai camilan di Bogor, Jawa Barat. Kacang Bogor kaya akan kandungan protein, asam amino metionin, karbohidrat, dan minyak. Mengolahnya cukup dengan direbus atau digoreng dan ditambahkan garam.

10. Kacang Tunggak

Kacang tunggak memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kacang hijau, berwarna kecokelatan. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Sering diolah menjadi camilan dan campuran aneka sayur tradisional. Selain kacang tunggak, kacang ini juga dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas .

loading…

Incoming search terms:

  • Biji karet polong merah dibogor

Advertisements