BEKASI  – Harga sembako galam kelompok bumbu dapur cenderung masih tinggi alias mahal. Hal ini terdapat pada golongan bawang yaitu bawang putih kating yang bertahan sebulan belakangan ini Rp60 ribu/kg. Sedangkan bawang putih banci atau biasa hanya Rp45 ribu/kg.

“Saking mahalnya bawang putih kating nggak dijual. Adanya banci. Siapa yang mau beli. Emak-emak pada teriak kalau jual mahal-mahal,” kata Yanti pedagang di Pasar Bekasi.

Bawang merah juga bertahan mahal dalam sebulan yaitu Rp35 ribu/kg. “Ini bawang merah masih tinggi. Bisa jadi ntar mau puasa naik lagi. Dari pasar Induk Cibitung sudah tinggi,” tambahnya.

Harga lainnya yang juga mahal yaitu buah tomat mencapai Rp15 ribu/kg dalam sebulan ini. Cabai merah alami fluktuatif yang tak pasti.

Pedagang lainnya, Ucok, mengungkapkan, sebelum pemilu harganya Rp20 ribu, begitu pemilu sampai Rp50 ribu. Namun sudah pemilu mulai berangsur turun jadi Rp20 ribu/kg. Cabe rawit merah juga mulai berangsur turun. Semula pemilu kemarin mencapai Rp50 ribu/kg sekarang sudah mencalai Rp35 ribu/kg.

Yang jarang dikonsumsi ibu-ibu namun sering dicari yaitu jengkol juga cenderung mahal dan bertahan dalam sebulan ini capai Rp45 ribu/kg. “Kalau jengkol dia ga ada harga pembanding. Dari sananya segitu ya segitu. Namun kalau puasa kan dia jarang ada yang nyari. Kadang bisa bertahan diharganya,” ujarnya.

Harga yang masih stabil yaitu wortel Rp10 ribu, kentang Rp12 ribu/kg, buncis Rp12ribu/kg. Sedangkan harga telur ayam negeri masih tetap Rp24 ribu/kg, harga daging ayam Rp40 ribu/800 gram.

“Belanja bawa uang Rp50 ribu pasti kurang. Belum nanti beli berasnya Rp10 ribu/liter. Ikannya aja sudah Rp19 ribu 1/2 kg ikan kembung. Belum lagi sayurnya bumbunya. Haduh ga cukup Rp100 bawa duit ke pasar. Semuanya mahal, bingung ngaturnya,” kata Erna warga perum Mustika Tambun. (lina/win)


Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok pangan aman untuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Selain itu, harga pangan juga dipastikan tidak akan menekan konsumen. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi  dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang diselenggarakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (13/5/2019). “Kami telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga […]

SUKABUMI – Harga komoditi cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi, Jawa Barat turun. Dari harga pekan lalu Rp24 ribu per kilogramnya turun Rp6 ribu, kini Rp18 ribu. Penurunan juga dialami harga komoditi cabai rawit merah sebesar Rp4 ribu. Kini harganya Rp28 ribu dari sebelumnya Rp32 ribu per kilogramnya. Begitupun bawang putih impor, […]

JAKARTA – Pedagang ketoprak sejak seminggu belakangan mengurangi takaran bawang putih untuk sepiring dagangan yang dijualnya. Hal itu dilakukan lantaran harga bumbu dapur ini terus meroket sehingga membuat mereka teriak. Slamet, 41, pedagang di wilayah Jatinegara yang mengaku harus sedikit mengurangi takaran bumbu. Pasalnya, harga bawang putih dinilai sudah sangat tinggi dan membuatnya kebingungan. “Beli […]

JAKARTA – Lahan kosong milik Kebun Bibit Pertanian di Jalan Aselih, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta yang kosong dimanfaatkan untuk ditanami sayur-sayuran. Ini dilakukan selain mengantisipasi diserobot orang juga untuk menambah perekonomian masyarakat. Fatmawati, 52,warga RW 05 Ciganjur mengaku senang bisa memanfaatkan lahan kosong ini. Sebab […]

PURWAKARTA – Tim Gabungan Polres Purwakarta dan Polresta Yogyakarta mengungkap keberadaan ladang ganja seluas 1,5 hektare di Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/02/2019) malam. Tim gabungan di pimpin Wakapolres Purwakarta Kompol Ijang Safei didampingi Kasat Narkoba Polres Purwakarta AKP Heri Nurcahyo, dan Kapolsek Sukasari AKP Taryono, turun langsung ke Sukasari beberapa saat usai mendapat informasi. […]