Advertisements

Tanaman kemuning termasuk Famili: rutaceae, dengan nama lain Murraya banati Elm, M exotica L, M Glenieli Thw, M odorata Blanco, M Sumatrana Roxb, Chalcas paniculata L, C Camuneng Burm f, C intermedia Roem, Connarus foetens Blanco dan C Santaloides Blanco. Nama daerah dari kemuning antara lain: di Jawa: Jenar, kamuning, kemuning, kamoneng, tajuman; di Nusatenggara: kajeni, kemuning, kamuni, kamuning, kahabr, karizi, sukik; di Sulawesi: kamuning, haumi, kayu gading, kamoni, palopo ; dan di Maluku: eseki, fanasa, kamoni dan kamone.

Morphologi tanaman

Advertisements

Kemuning biasa tumbuh liar disemak belukar di tepi hutan atau ditanam orang sebagai tanaman hias, tanaman ini hidup pada ketinggian 0-400 meter diatas permukaan laut. Variasi morphologi kemuning sangat banyak, ada yang dipergunakan untuk pagar pekarangan yaitu kemuning yang berdaun kecil dan lebat. Kemuning termasuk suku jeruk-jerukan, merupakan tanaman perdu yaitu pohon kecil yang bercabang banyak dengan tinggi 3-8 meter. 

Batang, keras, beralur dan tidak berduri. 

Daun, termasuk daun majemuk menyirip ganjil, dengan anak daun 3-9 yang tumbuh berseling. Bentuk daun jorong atau bundar telur, dengan ujung dan pangkal daun meruncing, tepi daun rata atau agak beringgit dengan panjang 2-7 cm lebar 1-3 cm dengan permukaan licin dan mengkilat. Panjang tangkai daun 3-4 mm.

Bunga, majemuk sebanyak 1-8, warna putih, berbau wangi, keluar dari ujung batang atau ketiak daun.. 

Buah, kemuning berdaging, berbentuk bulat telur atau bulat memanjang, warna hijau kalau masak warna merah mengkilat dengan panjang 8-12 mm.

Biji, kemuning termasuk tanaman berbiji dua.

Kandungan Kimia Tanaman Kemuning

Bagian tanaman kemuning yang mengandung zat kimia antara lain daun, kulit bunga dan buah. Daun mengandung: cadinene, methyl anthranilate, bisabolene, beta-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl salicylate, s-quaiazulene, orthole, paniculatin dan coumurrayin. Kulitnya mengandung: mexotionin, 5-7 dimethoxy-8 coumarin. Bunga mengandung scopoletin sedang buahnya mengandung semi-alfa-carotenone.

Sifat kimia dan efek farmalogis

Kemuning mempunyai rasa pedas, pahit dan hangat. Dapat untuk menghilangkan rasa sakit (anesthesia), sebagai obat penenang (sedatif), obat anti radang, menghilangkan bengkak, anti rematik, melancarkan peredaran darah dan anti-tiroida.

Bagian yang digunakan sebagai obat

Bagian tanaman yang dipakai untuk obat adalah akar, batang dan daun.

Khasiat Tanaman Kemuning

Kemuning berkhasiat untuk mengobati luka memar karena terpukul, rematik, sakit gigi, sakit pada luka/borok (ulcer pain) dan endemik encephalitis B. Kemuning juga berkhasiat untuk lokal anesthesia, orchitis, bronchitis, infeksi saluran kencing, haid tidak teratur, lemak tubuh yang berlebihan serta berkhasiat untuk mengobati gigitan serangga, ular, bisul dan gatal karena ekzim. 

Cara pemanfaatan sebagai obat

1. Obat bisul dapat dilakukan dengan 30 gram akar kemuning kering yang telah dicucui bersih, kemudian digodok dengan tiga gelas air bersih sampai menjaadi satu gelas, kalau sudah dingin dapat diminum.

2. Obat rematik dan memar dapat dilakukan dengan 15-30 gram akar kemuning yang telah dicuci bersih, kemudian digodok dengan arak dan air, kemudian diminun.

3. Obat sakit gigi dapat diberikan dengan minyak dari kulit batang kemuning yang dibakar, kemudian dioleskan pada gigi yang berlubang namun sebagai obat sementara, selanjutnya segera bawa ke dokter gigi.

4. Untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan segenggam daun kemuning ditambah segenggam daun mengkudu (Morinda citrifolia L) dan ½ jari kelingking temu giring yang ditumbuk halus kemudian ditambah dengan satucangkir air kemudian diperas dan disaring, kemudian diminum pada pagi hari sebelum makan.

Sumber : H.M. Hembing Wijayakusuma dkk, 1992, Tanaman Berkhasiat Obat Indonesia

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Incoming search terms:

  • Bokep kamuning

Advertisements