Advertisements

Tanaman Kemiri sebenarnya dapat dikembangkan dengan cara penanaman biji secara langsung dilapangan, akan tetapi cara tersebut memiliki persentase pertumbuhan yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan penyemaian. Gagasan ini didapatkan dari hasil percobaan penanaman secara langsung di bekas perladangan Tanjung Bintang (Lampung Selatan) yang menunjukkan persentase pertumbuhannya hanya sekitar 57%, sedangkan penanaman melalui penyemaian pertumbuhannya dapat mencapai 78%.

CARA MENANAM

Advertisements

Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya lahan yang akan digunakan untuk usaha budidaya kemiri bersih dari tanaman-tanaman yang kurang bermanfaat, terutama gulma, karena adanya tanaman-tanaman tersebut dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman kemiri itu sendiri.

Dalam budidaya tanaman kemiri ini, jarak tanam harus diatur dengan baik sesuai dengan tujuannya. Jika usaha budidaya kemiri ini bertujuan untuk menghasilkan buah atau biji, maka jarak tanam antar pohon adalah 10mX10m. Sedangkan jika bertujuan untuk mengambil batangnya atau pulpnya, maka jarak tanam antar pohon adalah 4mX4m.

Ukuran lubang tanam yang baik untuk tanaman kemiri adalah 60cmX60cmX60cm. Pada proses penggalian lubang tanam, bagian tanah atas dan bawah harus dipisahkan. Bagian tanah atas harus disendirikan, kemudian bagian tanah bawah dicampur merata dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Jika penanaman dilakukan pada musim kemarau, campuran tanah dan pupuk kandang tersebut dapat segera dimasukkan dalam lubang tanaman. Tetapi jika penanaman dilakukan pada musim penghujan, sebaiknya campuran tanah dan pupuk tersebut dibiarkan sementara waktu didekat lubang tanam, dengan tujuan agar campuran tersebut menjadi kering sehingga kadar keasamannya menurun. Setelah campuran tanah dan pupuk kandang mengering, kemudian dimasukkan kedalam lubang tanam dan bibit dapat segera ditanam.

Cara menanam bibit kemiri dilubang tanam adalah sebagai berikut : 

Pada lubang-lubang tanam yang telah diisi dengan tanah dan pupuk tersebut dibuatkan lubang-lubang kecil yang ukurannya sebesar polybag dari bibit kemiri yang akan ditanam. 
Lepaskan bibit-bibit kemiri tersebut dari polybagnya dengan hati-hati. Cara melepaskan polybag bibit kemiri dapat dilakukan dengan mengiris salah satu sisinya. Pada saat membuka polybag harus diusahakan agar perakaran bibit tidak rusak. 
Setelah bibit-bibit kemiri tersebut sudah terlepas dari polybagnya, kemudian bibit bibit tersebut dapat ditanam pada lubang tanam yang telah disediakan. 
Penanaman bibit harus dusahakan agar perakarannya teratur dan terbuka, yaitu dengan cara menimbun tanah sedemikian rupa sehingga permukaan media tumbuh ketika masih dalam polybag sama dengan permukaan media tumbuh bibit tanaman di lapangan dan lebih rendah dari permukaan lahan supaya dapat menampung air siraman.

Penanaman tumpangsari dengan tanaman lain

Untuk menjaga agar lahan bebas dari tanaman gulma, jarak antara lubang dapat ditanami tanaman-tanaman penutup tanah. Untuk lahan miring dapat ditanami kacang ruji (Pueraria javanica) atau kacang asu (Calopagonium mucunoides). Untuk tanah yang landai dapat ditanami tanaman palawija, misalnya jagung, kacang tanah atau kedelai.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements