Advertisements

Tanaman Ceplukan (Physalis angulata L)

Tanaman Ceplukan (Physalis angulata L.) atau disebut juga Physalis minima L. adalah tanaman yang dapat berkhasiat sebagai obat, seperti obat gusi berdarah, obat bisul, dan obat mules. Daunnya juga berkhasiat sebagai obat bisul. 

Advertisements

Nama Daerah

Tanaman yang dikenal dengan nama dagang Ceplukan ini mempunyai nama daerah yang berbeda-beda. Di Sumatera tanaman Ceplukan dikenal dengan nama Leletop. Di Jawa dikenal dengan berbagai nama, diantaranya di daerah Sunda dikenal dengan nama Cecendet, Di daerah Jawa Tengah dikenal dengan nama Ceplukan, di daerah Madura dikenal dengan nama Jorjoran. Di Bali dikenal dengan nama Ciciplukan. Di Daerah Sasak dikenal dengan nama Dedes. Di Sulawesi (Makasar) dikenal dengan nama Leletopan dan di Maluku (Seram) dikenal dengan nama Lapununat.

Deskripsi

Tanaman Ceplukan merupakan tanaman semusim yang berbentuk semak, dengan tinggi ± 1 meter. Batangnya berwarna hijau, masif, berbulu dan beruas. Daunnya merupakan daun tunggal, berbentuk bulat telur, ujung daunnya runcing, tepi daun rata, permukaan daun berbulu, pertulangan daun menyirip. Panjang daun antara 5-25 cm, lebar daun antara 2,5- 18 cm. Tangkai daun berwarna hijau dengan dengan panjang antara 1-9 cm.

Bunga Ceplukan merupakan bunga tunggal, kelopak berlekatan dan bercangap lima. Bentuk bunga ceplukan runcing, berwarna hijau. Benangsari bejumlah lima. Tangkai sari berwarna kuning, kepala sari berwarna biru. Putik hanya satu dan berwarna putih. Mahkota bunga berwarna kuning, panjang 8-23 mm .

Buah Ceplukan buah buni, berwarna kuning, berbentuk bulat, dengan diameter 14-18 mm. Kelopak buah berwarna hijau.

Biji Ceplukan berbentuk bulat pipih, dan kecil berwarna kuning. 

Akar Ceplukan merupakan akar tunggang, berwarna putih.

Kandungan kimia.

Daun Physalis angulata mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. Akar Physalis angulata mengandung saponin dan flavonoida. 

Khasiat

Buah Physalis angulata dapat dimanfaatkan sebagai obat usi berdarah, bat bisul dan obat mulas, sedangkan daunnya dapat berkhasiat sebagai obat bisul. 

Cara pengobatan

Untuk gusi berdarah, buah Phisalis angulata dapat langsung dimakan sebagai obat. Caranya, pilih buah Physalis angulata yang masak sebanyak ± 30 gram, kemudian buah dicuci dengan bersih dan selanjutnya dapat langsung dimakan.

Sumber: Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Pengarang: H.M. Hembing Wijayakusuma, Agustinus Setiawan Wirian, Thomas Yaputra, Setiawan Dalimartha, Bambang Wibowo, Pustaka Kartini . 1993.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements